Wabup Hadiri Temu Karya Nasional Teknologi Tepat Guna 2018 di Badung, Bali

Jumat, 19 Oktober 2018 20:27
BAGIKAN:
BALI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim, menghadiri acara Temu karya Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna XX dan PINDesKel 2018. Kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan desa maju yang mandiri dan sejahtera tersebut langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo, bertempat di Areal Lotus Pond Garuda Wisnu Kecana, Unggasan, Badung Bali, Jum'at (19/10/2018).

Turut mendampingi Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Meranti Drs. Ikhwani, Kepala Bagian Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Sekretaris PMD H. Edi M. Nur, Kabid UED PMD Meranti Darwis SIP.

Pada kesempatan itu, dalam pidatonya dihadapan seluruh Kepala Daerah Provinsi, Kabupaten Kota Se-Indonesia, Presiden RI Joko Widodo yang didampingi Ny. Irene Joko Widodo, menyampaikan sebagai bangsa yang besar Indonesia memilki budaya,bahasa, adat istiadat yang beragam maka dari pada itu kerukunan merupakan salah satu pondasi utama untuk kemajuan Negara Indonesia.

Untuk itu, ia berharap seluruh Kepala Daerah bersama Pemerintah Pusat bersama-sama memantau lebih dekat berbagai program strategis yang dijalankan agar dapat terlaksana dengan baik.

Termasuk juga mendorong Desa dan Kelurahan untuk terus berinovasi melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dalam membangun Desa menuju Desa yang Mandiri dan Berdikari.

Salah satu yang cukup efektif menurut Jokowi adalah dengan penerapan teknologi modern dengan segera meninggalkan cara cara manual agar kemajuan Desa Desa yang ada di Indonesia lebih cepat.

Menyikapi intruksi Presiden tersebut, Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim yang hadir dalam acara itu, sepakat dengan keinginan Presiden, bahwa untuk memajukan sebuah desa tidak ada kata lain selain terus berinovasi dengan memanfaatkan semua potensi yang ada di Desa dengan tidak mengabaikan kemajuan teknologi.

Ditegaskan Wakil Bupati, perkembangan desa/kelurahan sudah menjadi komitmen Pemerintah Daerah dapam mempercepat proses kemajuan desa dan kelurahan yang meliputi pembangunan infrastruktur, penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, pelayanan kepada masyarakan sampai dengan pemberdayaan masyarakat desa.

Wakil Bupati berharap, melalui kegiatan ini dan pembinaan dari Kementrian terkait, dapat memastikan penyelenggaraan pemerintahan desa bergerak sesuai track yang benar, dan tentunya sesuai track pembangunan yang diharapkan dimana mampu menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur khususnya di Kepulauan Meranti.

Sekedar informasi, sedianya dari informasi yang diperoleh Pemkab. Meranti, dalam acara itu juga akan diserahkan penghargaan kepada Desa Desa terbaik di Indonesia yang telah berhasil melakukan inovasi. Inovasi yang dilakukan dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar masyarakat yang ada di Desa bersangkutan seperti sarana air bersih, sarana penerangan, dan lainnya.

Dan dari Informasi yang disampaikan oleh pihak Kementrian Desa RI, Desa Kundur, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, berhasil menjadi salah satu Desa terbaik yang akan menerima penghargaan dari Kementrian Desa RI. Namun dari informasi panitia penyerahan penghargaan diundur, dan sampai berita ini diturunkan Pemkab. Meranti belum mendapat kepastian waktu penyerhaan.(hms)
BAGIKAN:
KOMENTAR