• Home
  • Pendidikan
  • Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Kamis, 12 Oktober 2017 17:56
BAGIKAN:
BENGKALIS - Dinas Pendidikan Bengkalis tidak lagi mewajibkan sekolah menengah Pertama (SMP) di kabupaten Bengkalis untuk melaksanakan program lima hari sekolah atau Full day School. Hal ini dilakukan setelah Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 84 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Setelah keluar peraturan Presidan nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dimana pada pasal 9 ayat 3 menerangkan pemerintah memberikan kepada sekolah untuk menentukan sendiri memakai lima hari sekolah atau enam hari sekolah. Sehingga kewajiban penerapan Full Day School yang diterapkan Dinas Pendidikan Bengkalis dibatalkan.

"Namun tetap SMP di kabupaten Bengkalis yang memang mampu sesuai kriteria pada Perpres penguatan pendidikan karakter tetap menerapkan lima hari sekolah full day school, " terang Mukhtar Sayuti Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Kamis (12/10) Siang.

Menurut Mukhtar, setidaknya dalam peraturan presiden ini ada empat kriteria bagi sekolah yang bisa menerapkan lima hari sekolah. Diantaranya kecukupan tenaga pengajar, dukungan dari kearifan budaya lokal, kecukupan sarana dan prasarana serta pendapat tokoh masyarakat yang mendukung.

"Jika empat hal ini terpenuhi makan SMP tersebut harus menerapkan full day school, " terangnya.

Untuk Bengkalis, sejak awal tahun ajaran baru kemarin SMP di kabupaten Bengkalis sudah menerapkan full day school. Namun dengan adanya Perpres terkait penguatan pendidikan berkarakter ini sekolah yang tidak mampu menerapkannya full day school melaporkan ke Dinas Pendidikan.

"Kita minta sekolah melaporkan kalau tidak mampu menerapkan full day school atau lima hari sekolah. Namun tentu dengan alasan belum memenuhi kriteria full day school yang empat tadi, " kata Mukhtar. (Gus)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Menang Banding di PT Pekanbaru, Vonis Mati Tersangka Mutilasi di Rupat Gugur

    BENGKALIS - Melalui upaya banding di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru, terpidana mati terdakwa Heriyanto (28) kasus pembunuhan di sertai mutilasi dengan korb

  • Pasca Terima Tunjangan, 23 Anggota DPRD Rohil Akhirnya Kembalikan Mobdin

    ROHIL - Sebanyak 23 anggota DPRD Rokan Hilir, Provinsi Riau dari 41 anggota sudah mengembalikan mobil dinas Fortuner pasca menerima dana tunjangan operasiona

  • Sumringah Nenek Janda 80 Tahun di Bengkalis Dapati Rumahnya di Rehap

    BENGKALIS - Mata Syarifah terlihat berkaca-kaca. Janda 80 tahun warga Dusun Parit Lapis Kembung Luar itu tak henti mengucap syukur. Tidak pernah terpikir ole

  • Sanksi Berat ASN Share, Like atau Komentar Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur

    PEKANBARU - Pegawai Negri Sipil (PNS) wajib bersikap netral dalam Pilkada Serentak 2018, Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019. Entah itu sebagai

  • KOMENTAR