• Home
  • Pendidikan
  • Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Full Day School di Bengkalis Tergantung Kemampuan Sekolah

Kamis, 12 Oktober 2017 17:56
BAGIKAN:
BENGKALIS - Dinas Pendidikan Bengkalis tidak lagi mewajibkan sekolah menengah Pertama (SMP) di kabupaten Bengkalis untuk melaksanakan program lima hari sekolah atau Full day School. Hal ini dilakukan setelah Presiden mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 84 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter.

Setelah keluar peraturan Presidan nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter, dimana pada pasal 9 ayat 3 menerangkan pemerintah memberikan kepada sekolah untuk menentukan sendiri memakai lima hari sekolah atau enam hari sekolah. Sehingga kewajiban penerapan Full Day School yang diterapkan Dinas Pendidikan Bengkalis dibatalkan.

"Namun tetap SMP di kabupaten Bengkalis yang memang mampu sesuai kriteria pada Perpres penguatan pendidikan karakter tetap menerapkan lima hari sekolah full day school, " terang Mukhtar Sayuti Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Bidang Pendidikan SMP Dinas Pendidikan Bengkalis, Kamis (12/10) Siang.

Menurut Mukhtar, setidaknya dalam peraturan presiden ini ada empat kriteria bagi sekolah yang bisa menerapkan lima hari sekolah. Diantaranya kecukupan tenaga pengajar, dukungan dari kearifan budaya lokal, kecukupan sarana dan prasarana serta pendapat tokoh masyarakat yang mendukung.

"Jika empat hal ini terpenuhi makan SMP tersebut harus menerapkan full day school, " terangnya.

Untuk Bengkalis, sejak awal tahun ajaran baru kemarin SMP di kabupaten Bengkalis sudah menerapkan full day school. Namun dengan adanya Perpres terkait penguatan pendidikan berkarakter ini sekolah yang tidak mampu menerapkannya full day school melaporkan ke Dinas Pendidikan.

"Kita minta sekolah melaporkan kalau tidak mampu menerapkan full day school atau lima hari sekolah. Namun tentu dengan alasan belum memenuhi kriteria full day school yang empat tadi, " kata Mukhtar. (Gus)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ulahnya Menghina Agama Islam di Fb, Gaek Di Mandau Ini Dicokok Polisi

    BENGKALIS - Laki paruh baya SP (57) tidak akan lagi bisa menghirup kebebasan dikarenakan akan menghabiskan sisa hidupnya di jeruji besi. Pasalnya, karena ula

  • Terdakwa Sabu 10 Kg Divonis Seumur Hidup, JPU Bengkalis Lakukan Kasasi

    BENGKALIS - Terdakwa Kasus Sabu 10 Kg, RF (38) divonis seumur hidup setelah melakukan banding di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru. Sedangkan rekannya Mh (38)

  • Dinamai 'Danish', Bayi Dalam Kardus Sudah Punya Orang Tua Asuh

    BENGKALIS  - Masih membekas diingatan kita,  bayi dalam kardus berjenis kelamin laki-laki diduga dibuang oleh orang tuanya, Sabtu 3 Nopember 2018 l

  • Usai Divonis Mati, 3 Pengedar 55 Kg Sabu Lakukan Banding

    BENGKALIS -  Ketiga terdakwa kasus 55 Kg sabu dan ribuan pil extasy mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis,

  • KOMENTAR