• Home
  • Pendidikan
  • Kukerta di Kepulauan Meranti, Mahasiswa UR Olah Kelapa Jadi Nuged dan Sirup

Kukerta di Kepulauan Meranti, Mahasiswa UR Olah Kelapa Jadi Nuged dan Sirup

Senin, 23 Juli 2018 18:40
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Selain mempunyai daya tarik wisata Tasik Air Putih yang menawan, Desa Teluk Samak juga merupakan salah satu desa penghasil Kelapa terluas di Pulau Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Hal ini menjadi daya tarik bagi Mahasiswa Universitas Riau (UR) yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di wilayah Kecamatan Rangsang untuk berinovasi dari potensi tersebut.

"Kami bersama masyarakat saat ini sedang menjalankan Program pertama kami, dengan mebuat inovasi baru berupa Nuged ampas kelapa dan Sirup air kelapa tua," ungkap Koordinator Desa Kukerta UR Desa Teluk Samak, Ranggawan Nurdin, Senin (23/7/18) siang.

Menurut Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UR ini, dengan program pemanfaatan potensi kelapa ini diharapkan bisa menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat Desa Teluk Samak.

Selain itu, dengan pengolahan Nuged ampas kelapa dan Sirup air kelapa tua ini juga nantinya bisa menjadi oleh-oleh ciri khas Desa Teluk Samak dan juga untuk Kabupaten Kepulauan Meranti kedepannya.

"Saat ini, program tersebut sedang berjalan, Insyaallah, ini akan menjadi sumber ekonomi baru bagi masyarakat, sekaligus sebagai oleh-oleh khas daerah ini," ungkapnya.(rls)
BAGIKAN:
KOMENTAR