• Home
  • Pendidikan
  • Kunker ke SMPN 3 Tebingtinggi Barat, Kadisdikbud Meranti Ingatkan Guru Harus Rajin Tingkatkan Kompetensi

Kunker ke SMPN 3 Tebingtinggi Barat, Kadisdikbud Meranti Ingatkan Guru Harus Rajin Tingkatkan Kompetensi

Rabu, 11 September 2019 17:59
BAGIKAN:
MERANTI - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, Drs H Nuriman Khair, melakukan kunjungan kerja (kunker) ke SMP Negeri 3 Tebingtinggi Barat di Desa Maini Darul Aman, Rabu (11/9/2019) pagi.

Dalam kunjungannya, Nuriman melihat langsung kondisi fasilitas sekolah dan kegiatan belajar mengajar di SMP 3 Tebingtinggi Barat. Ia didampingi Kasi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nurhayanto, dan Kepala SMP Negeri 4 Tebingtinggi, Syafi'i.

Di hadapan Kepala SMP Negeri 3 Tebingtinggi Barat dan para guru, Nuriman mengingatkan bahwa seorang guru dituntut menguasai betul metode mengajar terhadap anak didiknya. Hal ini penting diperhatikan, agar para murid nantinya dapat menangkap sekaligus memahami apa yang diajarkan gurunya tersebut.

"Guru perlu terus mengevaluasi metode mengajar yang diterapkan di kelas. Siapkan diri sebelum pembelajaran, dan Kepala Sekolah juga harus mengontrol," ungkapnya.

Karenanya, Nuriman mendorong agar para guru rutin meningkatkan kompetensinya. Tidak hanya dalam bentuk mengikuti pelatihan, aktivitas belajar dari berbagai sumber juga menurutnya, merupakan upaya peningkatan kompetensi.

"Terlebih menghadapi era industry 4.0, pendidikan di bidang agama harus diunggulkan. Anak diajarkan sikap, prilaku dan akhlak yang baik," bebernya.

Selanjutnya, Nuriman juga mengingatkan kesiapan menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada bulan April mendatang. Anak harus dilatih mengoperasikan komputer, sehingga tidak kaget.

"Sekarang ujian sudah berbasis komputer. Insya allah, akan kita upayakan SMP Negeri 3 ini dipasang komputer, sehingga ujian tidak lagi menumpang di sekolah lain," pungkasnya.

Kepala SMP Negeri 3 Tebingtinggi Barat, M. Khusni SAg, MPd menjelaskan, di sekolah tersebut terdapat 85 orang siswa yang dibagi dalam 4 lokal. Dua lokal untuk kelas VII, satu lokal kelas VIII dan satu lokal kelas IX.

"Untuk guru kita ada 16 orang, termasuk kepala sekolah. Delapan diantaranya honor, lima honor daerah dan tiga TU," ujarnya.

Khusni mengaku senang dan mengapresiasi langkah Kadisdikbud Kepulauan Meranti atas kunjungan kerja ke SMP Negeri 3 Tebingtinggi Barat. Dengan kunjungan itu, pihak Disdikbud bisa melihat langsung kondisi riil di lapangan dan persoalan yang dihadapi pihak sekolah.

"Untuk UNBK, perdana kemarin kita masih menumpang di SMP Negeri 1 Tebingtinggi Barat. Mudah-mudahan ke depan kita bisa melaksanakannya di sekolah ini, tanpa harus menumpang," tutupnya. (Nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR