Seribuan Mahasiswa Riau Merangsek Gedung DPRD Riau

Kamis, 12 Januari 2017 16:27
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA
Seribuan mahasiswa Riau mendatangi Kantor DPRD Riau menuntut Presiden Jokowi batalkan PP No 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis PNBP yang baru. Kamis, 12 Januari 2017

PEKANBARU - Seribuan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Riau beramai-ramai mendatangi kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau melakukan demonstrasi menuntut Presiden Joko Widodo untuk membatalkan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Tarif dan Jenis PNBP yang baru.

Mahasiswa ini mendatangi gedung DPRD Riau untuk menuntut supaya anggota parlemen daerah dapat mendesak kepada pemerintah pusat untuk membatalkan PP yang dinilai makin membuat masyarakat kecil menderita.

"Kita mendatangi DPRD untuk berbicara dengan mereka. Kita ingin berbicara dengan wakil rakyat kita. Kita menuntut reformasi jilid dua jika pemerintah tak membatalkannya," kata Indra, orator mahasiswa, Kamis, 12 Januari 2017.

Massa yang didominasi oleh BEM universitas ini merupakan gabungan dari BEM seluruh Indonesia dengan menamai Aksi 121. Aksi ini dilakukan secara seremtak di beberapa titik kota di Indonesia.

Awalnya mahasiswa ini dilarang untuk merangsek masuk dalam pelataran gedung DPRD Riau. Namun karena mahasiswa memblokade jalan dan membakar ban mobil di tengah jalan, pihak keamanan akhirnya mempersilahkan mereka masuk untuk berorasi di halaman.

Massa mengancam jika tuntutan mereka tak dituruti, mereka akan melakukan aksi yang lebih besar dengan jumlah estimasi massa lebih banyak. Mahasiswa ini juga berulang kali mendengungkan yel-yel reformasi jilid dua. "Jokowi harus turun!" tegas mahasiswa.

Aksi ini berlangsung molor dari waktu yang dijadwalkan awalnya. Aksi yang awalnya dijadwalkan pukul 13.00 wib, molor hingga pukul 16.00 wib.

Mahasiswa ini berasal dari gabungan beberapa universitas. Terutama mahasiswa Universitas Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Politeknik Caltex Riau dan UIN Suska Riau.(roc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pembiaran Terhadap Toko Modern, LKPKSM: Cukup Menyedihkan

    BENGKALIS -Ketidakmampuan Pemkab Bengkalis dalam mengambil sikap terhadap kehadiran toko modern Indomaret dan Alfamart yang terus menjamur di enam kecamatan di Kabupaten Bengkalis
  • Penghargaan Adipura, Bengkalis Masih Tunggu Hasil Penilaian

    BENGKALIS -Sampai sekarang belum dapat dipastikan apakah kota Bengkalis akan mendapatkan Penghargaan Adipura sebagai Kota Kecil Terbersih di Provinsi Riau. Gelar kota ekcil terbers
  • Pelaku Pembunuh dan Mutilasi Bayu Diburu Polisi

    BENGKALIS -Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara mengatakan saat ini jajaran Kepolisian Polda Riau tengah memburu pelaku pembunuh disertai mutilasi Bayu Santoso (27), di Desa
  • Di Teluk Latak Bengkalis, Pemilihan RW Terasa Pilbup

    BENGKALIS -Tak kalah dengan pemilihan Kepala Daerah, pemilihan Ketua RW di Dusun Langgam Muara Desa Teluk Latak, Kecamatan Bengkalis, terasa seperti pemilihan Bupati (Pilbup), Seni
  • KOMENTAR