• Home
  • Peristiwa
  • Tiga Kabupaten di Riau Diselimuti Asap Akibat Karlahut

Tiga Kabupaten di Riau Diselimuti Asap Akibat Karlahut

Rabu, 20 Februari 2019 10:30
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
API membakar hutan dan lahan di Kabupaten Bengkalis, Sabtu, 16 Februari 2019.

PEKANBARU - Tiga kabupaten di Provinsi Riau, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir dan Bengkalis, diselimuti asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sejak sepekan terakhir, Senin, 18 Februari 2019.

Pekan lalu, kabut asap Karhutla mengakibatkan udara Kota Dumai dalam status Berbahaya bagi kesehatan. Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) sudah menunjukkan angka 500.

Tak hanya itu, dua dari tiga daerah tersebut, Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai, sudah menetapkan status Siaga Karhutla. Situasi itu dampak dari kebakaran lebih dari 200 hektare lahan di Pulau Rupat, Bengkakis, serta puluhan hektare di Dumai dan Rohil.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edward Sanger, mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau akan segera menetapkan status Siaga Karhutla menyusul masifnya kebakaran. Bahkan, kata dia, kebakaran ini menyebabkan kabut asap di sejumlah daerah.

"Secara regulasi, Pemprov Riau telah memenuhi syarat untuk segera menetapkan status Siaga Karlahut 2019. Sebab dua daerah di Riau, Kota Dumai dan Kabupaten Bengkalis, telah terlebih dahulu menetapkan status tersebut medio pekan ini," kata Edwar.

Edwar mengatakan petugas gabungan masih terus berupaya memadamkan api di sejumlah kecamatan, seperti Rupat, Bantan, dan Talang Muandau. "Saat ini sudah ada dua daerah yang menetapkan status siaga, yaitu Bengkalis dan Dumai," ujarnya.

BPBD Riau mencatat kebakaran terus meluas sepanjang 2019, yakni mencapai 841,71 hektare. "Luas lahan terbakar dari 1 Januari sejumlah lebih kurang 841,71 hektare," kata Edwar.

Menurut Edwar, luas wilayah yang terbakar meningkat hingga dua kali lipat dalam tiga hari terakhir. Pada Jumat, 15 Februari 2019, menyebut luas lahan terbakar sekitar 497 hektare. Kabupaten Bengkalis menjadi wilayah terparah mengalami kebakaran selama 2019, yaitu mencapai 626 hektare.

Luas wilayah kebakaran di Kabupaten Bengkalis itu meningkat dari 322 hektare pada Jumat (15/2). Selain kabupaten tersebut, wilayah lain yang mengalami kebakaran cukup parah yaitu Rokan Hilir dengan total luas mencapai 117 hektare; Dumai 43,5 hektare; Meranti 20,2 hektare; Siak 5 hektare; Pekanbaru 16,01 hektare; dan Kampar 14 hektare.
 

Artikel ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Tiga Kabupaten di Riau Diselimuti Asap Kebakaran Hutan dan Lahan

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pleno Kecamatan Mandau, PKS Kuasai 4 Kursi

    BENGKALIS - Sempat dua kali terjadi penundaan, akhirnya rapat pleno lanjutan Rekapitulasi Hasil Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak Tahun 2019

  • KPK Tetapkan Bupati Bengkalis Tersangka, Begini Reaksi Para Kolega Amril Mukminin

    BENGKALIS - Setelah Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin tersangka kasus suap proyek jalan Duri-Sei Pakning, Kamis

  • Ketua MUI Kecamatan Bengkalis: Abaikan Ajakan People Power

    BENGKALIS - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Bengkalis Drs Muhammad Sidik Msi mengajak umat Islam dan masyarakat Bengkalis mengabaikan seruan da

  • Suaminya Ditetpakan Tersangka Oleh KPK, Istri Amril Mukminin Menangis di Safari Ramadan

    BENGKALIS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menentapkan Bupati Bengkalis Amril Mukminin sebagai tersangka, Kamis (16/4) petang. Penetapan tersangka dilaku

  • KOMENTAR