Agustus, Lima Perwakilan Negara Akan Berkunjung ke Meranti

Jumat, 20 Juli 2018 18:19
BAGIKAN:

MERANTI - Sejumlah perwakilan negara Asia direncanakan akan mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti awal Agustus 2018 mendatang. Kedatangan mereka adalah bagian dari kegiatan Annual Asean Sago Symposium 2 dimana tuan rumah kegiatan ini adalah Negara Indonesia tepatnya di Propinsi Riau.

Kedatangan ini untuk melihat langsung industri pengolahan sagu di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebingtinggi Timur dan sistem budidaya sagu serta tumpang sari di Desa Tanjung Peranap, kecamatan Tebingtinggi Barat, sesuai acara Simposium Sagu ke IV yang digelar Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau.

Dinas Tanaman Pangan Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kepulauan Meranti, melalui Kabid Ketahanan Pangan, Ifwandi mengatakan, negara-negara Asia yang akan berkunjung ke Meranti diantaranya, Jepang, China, Filipina, Thailand dan Malaysia.

Selain 5 perwakilan negara, sejumlah daerah penghasil sagu di Indonesia juga akan turut ke Meranti seperti Propinsi Papua dan Sulawesi, selain itu akademisi dari universitas terkenal seperti UI, UGM, ITB dan Trisakti juga ikut mengunjungi Kepulauan Meranti.

Sebelum berkunjung ke Meranti, sejumlah perwakilan negara tersebut akan mengikuti seminar sagu di Pekanbaru. Dalam seminar tersebut, Kabupaten Kepulauan Meranti akan menampilkan lebih dari 300 kuliner berbahan sagu.

"Dengan adanya event Simposium Sagu ini, kita punya harapan besar sagu dari Kepulauan Meranti lebih mendunia dan peluang untuk ekspor lebih besar, sehingga sagu bisa menjadi komoditi penting bagi dunia," ujar Ifwandi.

Saat ini kata Ifwandi, produksi sagu di Kepulauan Meranti menjadi yang terbaik di Indonesia bahkan dunia. Dimana roduksi sagu pertahunnya mencapai 205.051896 ton dengan jumlah lahan sebesar 39.000 hektar kebun masyarakat. (rls/nur)

BAGIKAN:
KOMENTAR