Aksi Tidak Puas, Demonstran Anarkis Ini Dihadang TNI

Sabtu, 09 Februari 2019 20:47
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
Simulasi pengamanan pemilu 2019 di Pekanbaru

PEKANBARU - Aksi mencekam antara aparat keamanan dan pengunjuk rasa belangsung, Jumat 8 Februari 2019 kemarin. Personil keamanan baik dari TNI AD, TNI AU dan Polri pun dengan sigap berjaga dan sebagian lagi harus turun tangan menghadapi demonstran yang bersikap anarkis.

Massa ini merupakan pendukung peserta pemilu yang tak puas dengan hasil perhitungan suara.

Adegan ini merupakan bagian dari simulasi pengamanan yang dapat mengancam kelancaran pelaksanaan Pemilihan legislatif dan Presiden tahun 2019.

TNI-AU melaksanakan simulasi ini di depan Mako Lanud Roesmin Nurjadin, dengan menurunkan pasukan anti huru-haranya.

Pasukan ini diturunkan langsung setelah aksi timbulnya masa yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara dengan cara melakukan orasi, pembakaran ban bekas hingga berujung anarkis.

"Dalam hal ini kami lebih melakukan pendekatan kepada para pendemo dengan cara persuasif. Maka terjadilah kesepakatan. Akhirnya, korban nyawa dan perusakan sarana sampai prasarana bisa kami atasi," kata Kadisops Lanud Rsn, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, Sabtu, 9 Februari 2019.

Padahal, saat itu aparat keamanan sempat mengambil tindakan dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan kendaraan water canon. Bahkan suasa siang itu sempat benar-benar begitu mencekam.

Disisi lain, dari matra darat. TNI-AD dan Polri melaksanakan simulasi drill tempur di wilayah Korem 031/WB.

Masa yang juga tidak puas dengan hasil perhitungan suara turut melakukan tindakan anarkis. Namun berhasil diantisipasi dengan cara persuasif.

Menurut Danrem 031/WB, Brigjen TNI Mohammad Fadjar mengatakan bahwa keberhasilan pengaman ini merupakan bentuk tanggung jawab semua pihak. Bukan semata hanya dari petugas saja.

"Keberhasilan penyelenggaraan pemilu bukan menjadi tanggung jawab satu pihak saja, akan tetapi seluruh stakeholder mulai dari tingkat pusat hingga daerah,"imbuhnya.


Artikel ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul:TNI AD-AU Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di Pekanbaru

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bupati Segudang Prestasi Dilantik Menjadi Gubernur Riau

    JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Syamsuar sebagai Gubernur Riau (Gubri). Ia akan memimpin Riau 5 tahun ke depan, bersama wakilnya Edy Natar Nasu

  • Detik Detik Syamsuar-Edy Nasution Menuju Istana Negara Sebelum dilantik Presiden Joko Widodo

    JAKARTA - Mengenakan pakaian serba putih dengan tanda pangkat di kedua pundak dan tanda jasa di bagian dada sebelah kiri serta topi pet berwarna hitam, Syams

  • Kapolres Bengkalis Tegas Tindak Pelaku Karlahut, Ini Hukumanya,.

    BENGKALIS - Kabupaten Bengkalis merupakan satu dari tiga Kabupaten di Provinsi Riau terjadi kebakaran lahan dan Hutan (karlahut). Oleh karena itu, upaya tega

  • Pasca Karlahut Di Rupat, Cuaca Bengkalis Cerah

    BENGKALIS - Satu dari tiga Kabupaten Kota di Provinsi Riau terjadi peristiwa kebakaran lahan dan Hutan (karlahut) tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis. Me

  • KOMENTAR