Aksi Tidak Puas, Demonstran Anarkis Ini Dihadang TNI

Sabtu, 09 Februari 2019 20:47
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID
Simulasi pengamanan pemilu 2019 di Pekanbaru

PEKANBARU - Aksi mencekam antara aparat keamanan dan pengunjuk rasa belangsung, Jumat 8 Februari 2019 kemarin. Personil keamanan baik dari TNI AD, TNI AU dan Polri pun dengan sigap berjaga dan sebagian lagi harus turun tangan menghadapi demonstran yang bersikap anarkis.

Massa ini merupakan pendukung peserta pemilu yang tak puas dengan hasil perhitungan suara.

Adegan ini merupakan bagian dari simulasi pengamanan yang dapat mengancam kelancaran pelaksanaan Pemilihan legislatif dan Presiden tahun 2019.

TNI-AU melaksanakan simulasi ini di depan Mako Lanud Roesmin Nurjadin, dengan menurunkan pasukan anti huru-haranya.

Pasukan ini diturunkan langsung setelah aksi timbulnya masa yang tidak puas dengan hasil perhitungan suara dengan cara melakukan orasi, pembakaran ban bekas hingga berujung anarkis.

"Dalam hal ini kami lebih melakukan pendekatan kepada para pendemo dengan cara persuasif. Maka terjadilah kesepakatan. Akhirnya, korban nyawa dan perusakan sarana sampai prasarana bisa kami atasi," kata Kadisops Lanud Rsn, Kolonel Pnb Jajang Setiawan, Sabtu, 9 Februari 2019.

Padahal, saat itu aparat keamanan sempat mengambil tindakan dengan cara menyemprotkan air dengan menggunakan kendaraan water canon. Bahkan suasa siang itu sempat benar-benar begitu mencekam.

Disisi lain, dari matra darat. TNI-AD dan Polri melaksanakan simulasi drill tempur di wilayah Korem 031/WB.

Masa yang juga tidak puas dengan hasil perhitungan suara turut melakukan tindakan anarkis. Namun berhasil diantisipasi dengan cara persuasif.

Menurut Danrem 031/WB, Brigjen TNI Mohammad Fadjar mengatakan bahwa keberhasilan pengaman ini merupakan bentuk tanggung jawab semua pihak. Bukan semata hanya dari petugas saja.

"Keberhasilan penyelenggaraan pemilu bukan menjadi tanggung jawab satu pihak saja, akan tetapi seluruh stakeholder mulai dari tingkat pusat hingga daerah,"imbuhnya.


Artikel ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul:TNI AD-AU Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu 2019 di Pekanbaru

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ketua DPD Nasdem Bengkalis Polisikan Kadernya, Ada Apa?..

    BENGKALIS - Ketua DPD Nasdem Kabupaten Bengkalis Askori mempolisikan Ketua DPD sebelumnya, berinisial M. Langkah ini dilakukan karena M diduga menggelapkan u

  • Utus Kafilah Terbaik di MTQ Ke-24 Kecamatan Bantan, Desa Pambang Baru Optimis Juara I

    BENGKALIS - Musabaqoh Tilawatil Qur’an tingkat Kecamatan Bantan Ke 24 diawali pelepasan pawai Ta'aruf yang dilaksanakan jumat 5 Aril 2019 di Desa U

  • MTQ Ke-24 Tingkat Kecamatan Bantan, Desa Resam lapis Target Juara Umum

    BENGKALIS - Musababaqoh Tilawatil Qur'an tingkat Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis tahun 2019 kembali digelar. Menyambut pembukaan MTQ ke-24 ini dime

  • STAIN Bengkalis Apresiasi Kegiatan Gerakan Pramuka

    BENGKALIS – Wakil Ketua III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama STAIN Bengkalis Wira Sugiarto, memberikan apresiasi kepada anggota, Pramuka STAIN Bengka

  • KOMENTAR