Bacaleg Koruptor Nekat Nyaleg? Siap-Siap Partainya Juga Terima Sanksi

Rabu, 11 Juli 2018 23:31
BAGIKAN:
ILUSTRASI

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menegaskan bahwa Bacaleg yang akan bertarung di Pileg 2019 mendatang harus bersih dari kasus narkoba, pelecehan seksual dan koruptor.

Komisioner KPU Abdul Hamid mengatakan ada sanksi tegas terhadap partai maupun Bacaleg apabila tetap ngotot mendaftarkan kader yang tersandung tiga kasus tersebut.

"Dalam PKPU No 20 tahun 2018 sudah ditegaskan, dan ada juga regulasi lain yang menguatkan hal tersebut," ujar Hamid, Rabu, 11 Juli 2018.

BACA JUGA:

Terkuak! Kabar Anggota DPRD Bengkalis Dipanggil KPK dari Fraksi Partai Gerindra

Beredar Kabar! KPK Panggil Oknum DPRD Bengkalis Terkait Kasus Ini..

Apa Kabar Banding Jaksa Soal Kasus Anggota DPRD Bengkalis?

Adapun sanksi yang bisa dijatuhkan berupa pencoretan nama Bacaleg tersebut, sehingga partai harus hati-hati dalam menyaring Bacaleg.

"Kalau misalnya yang dicoret itu wanita, maka keterwakilan wanita akan berkurang, jadi Parpol juga akan terkena imbasnya, tidak hanya Bacaleg tersebut," tambahnya.

Lebih lanjut, Hamid menyatakan KPU akan meminta bukti bahwa seseorang bebas tiga kasus tersebut berdasarkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak pengadilan.

"Kalau misalnya ada kecolongan, kami siap menerima masukan dari masyarakat yang mengetahui ada Bacaleg yang tersandung kasus korupsi, selanjutnya akan selidiki lagi," tuturnya.

"Liaison Officer (LO) juga sudah kami surati, karena ini bukan berita baru, sehingga kami minta regulasi ini harus diimplementasikan sehingga proses rekruitmennya tidak ada masalah nantinya," tutupnya.[roci]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Ulahnya Menghina Agama Islam di Fb, Gaek Di Mandau Ini Dicokok Polisi

    BENGKALIS - Laki paruh baya SP (57) tidak akan lagi bisa menghirup kebebasan dikarenakan akan menghabiskan sisa hidupnya di jeruji besi. Pasalnya, karena ula

  • Terdakwa Sabu 10 Kg Divonis Seumur Hidup, JPU Bengkalis Lakukan Kasasi

    BENGKALIS - Terdakwa Kasus Sabu 10 Kg, RF (38) divonis seumur hidup setelah melakukan banding di Pengadilan Tinggi (PT) Pekanbaru. Sedangkan rekannya Mh (38)

  • Dinamai 'Danish', Bayi Dalam Kardus Sudah Punya Orang Tua Asuh

    BENGKALIS  - Masih membekas diingatan kita,  bayi dalam kardus berjenis kelamin laki-laki diduga dibuang oleh orang tuanya, Sabtu 3 Nopember 2018 l

  • Usai Divonis Mati, 3 Pengedar 55 Kg Sabu Lakukan Banding

    BENGKALIS -  Ketiga terdakwa kasus 55 Kg sabu dan ribuan pil extasy mengajukan banding atas vonis mati yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis,

  • KOMENTAR