Bupati Irwan Lantik 534 Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan Pemkab Meranti

Kamis, 05 Januari 2017 20:31
BAGIKAN:
ist/Humas Pemkab Meranti
Bupati Irwan Lantik 534 Pejabat Eselon III dan IV Dilingkungan Pemkab Meranti

MERANTI - Bupati Kabupaten Meranti Drs. H. Irwan, M.Si melakukan pelantikan 534 orang Pejabat Eselon III dan IV dilingkungan Pemkab. Meranti, pelantikan dalam rangka melaksanakan amanat UU No. 23 Tahun 2014 UU No. 23 Tahun 2014, tentang Pemerintah Daerah dan Organisasi Perangkat Daerah yang baru, digelar di Aula Afifa Sport, Selatpanjang, Kamis (5/11).

Bupati Meranti Drs. H. Irwan, M.Si dalam sambutanya mengatakan pelantikan kali ini merupakan pelantikan terbesar yang pernah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Meranti dan tercatat sebanyak 534 orang pejabat Eselon III dan IV dilantik untuk mengisi berbagai jabatan sesuai dengan SOTK yang baru.

Dimana sesuai UU No. 23 Tahun 2014 beberapa kewenangan yang selama ini berada di Kabupaten Kota ditarik ke Pemerintah Provinsi.

Hal itu secara langsung menyebabkan terjadinya perampingan Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemda Meranti, yang berdampak pada pengurangan jumlah pejabat Eselon II, III dan IV. Dengan rincian Eselon II dari 33 Pejabat menjadi 30, Eselon III dari 140 menjadi 133, Eselon IV dari 534 menjadi 401.

Akibat perampingan itu, dijelaskan Bupati, Pemda Meranti mau tak mau harus melakukan pengurangan pejabat, seperti pejabat yang telah memasuki masa pensiun terpaksa dipensiunkan, dan untuk mengisi jabatan Eselon II yang kosong telah pula dilakukan Asesment (lelang) dan telah diisi oleh pejabat yang lulus Asesment.

Untuk mengisi jabatan kosong, kompetisipun akan semakin ketat, karena demi peningkatan kinerja dan pelayanan publik, Pemkab. Meranti akan terus melakukan peremajaan pejabat.
"yang bergerak lambat akan disalip pejabat berpotensi," ungkap Bupati.

Saat ini ditambahkan Bupati, masih terdapat 10 Jabatan Eselon II yang masih kosong atau diisi oleh Pelaksana Tugas (Plt), yakni 1 untuk Jabatan Sekda dan 9 untuk Jabatan Kepala Dinas/Badan.

"Untuk mengisi kekosongan itu, dalam waktu dekat kita akan melakukan Asesment untuk melihat kepatutan pejabat mengisi jabatan itu,"ujar Bupati.

Untuk mengisi 10 Jabatan kosong itu, Bupati menargetkan dalam 3 Bulan kedepan akan dilantik pejabat permanent. Dan bagi pejabat yang berminat Pemkab. Meranti memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi pejabat Eselon II dan III dengan catatan harus memenuhi syarat.
"Pejabat Eselon II dan III akan diberikan kesempatan untuk mengikuti Asesment atau Job Fit, silahkan mengikuti dengan memperhatikan semua persyaratan, dan ini menjadi sebuah tantangan," ucap Bupati.

Terkait pelantikan kali ini ditegaskan Bupati, telah melalui proses panjang oleh Badan Pertimbangan dan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) mulai dari BKD, Inspektorat, Asisten, Sekda, Wakil Bupati dan unsur lainnya.

Untuk itu kepada seluruh ASN yang ingin mendapat kesempatan diminta untuk terus meningkatkan kapasitas diri. Karena untuk diangkat sebagai pejabat harus melalui beberapa pertimbangan, salah satunya aspek kepangkatan namun pangkat tidak menjadi pertimbangan mutlak.

"Untuk itu saya mengajak ASN untuk meningkatkan kinerja dan Integritas, Kompetensi, Kapasitas Diri, menjaga Moralitas dengan tidak mengkonsumsi narkoba dan perbuatan tercela lainnya, dan yang tak kalah penting loyalitas," Paparnya lagi.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Meranti Muzamil, Plt. Sekda Julian Norwis, Forkopimda, Kapolres, Danramil, Para Pejabat Eselon II, Pejabat Eselon II dan IV dan lainnya.(erc)
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Jalin Kerja Sama, Kepala BNN Ajak Pramuka Jadi Relawan Penggiat Antinarkoba

    JAKARTA - Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka menjajaki kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) terkait upaya pencegahan narkoba di masyaraka

  • Hindari Memposting 3 Hal Ini di Media Sosialmu Ketika Sedang Berpuasa!..

    BENGKALISONE - Di bulan puasa ini kita memang benar-benar diuji. Mulai dari menahan amarah, lapar, haus dan lain sebagainya. Termasuk menahan untuk mempostin

  • Catatan Kelam Dunia Pers Setelah 20 Tahun Reformasi

    JAKARTA - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta merilis sejumlah data soal cacatan kelam dunia pers Indonesia selama 20 tahun reformasi. Dari 2003 hingga

  • Transaksi Uang Ilegal, Biksu di Kuil-Kuil Thailand Ditangkap

    THAILAND - Kepolisian Thailand menggerebek beberapa kuil Buddha di Bangkok, Thailand. Beberapa biksu dan jemaah ditangkap atas dugaan skandal transaksi uang

  • KOMENTAR