Bupati Pelalawan, Haris Terima Anugerah Budhipraja 2017

Senin, 20 November 2017 11:55
BAGIKAN:

PELALAWAN - Bupati Pelalawan, HM. Harris adalah satu-satunya Kepala Daerah penerima Anugerah Budhipraja tahun 2017 dari Kabupaten dan Kota Se Provinsi Riau, yang diserahkan langsung oleh Menteri Ristekdikti Prof. H. M. Nasir, Ph.D.Ak yang sebelumnya dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Kabupaten Pelalawan masuk dalam peringkat kedua, dibawah Kabupaten Sragen yang berada di Peringkat Pertama dan mengungguli Kota Malang di Peringkat Ketiga. Masuk dalam 5 Besar ini adalah Kabupaten Bogor, Kota Cimahi, Kabupaten Magelang, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten  dan Kabupaten Sragen.

Pemberian penghargaan ini dilakukan dalam beberapa tahapan yang diawali dengan seleksi terhadap Kabupaten/Kota di Indonesia untuk kemudian ditetapkan 5 Besar.

Bupati Pelalawan, Riau, HM. Harris, menyebutkan Pemkab Pelalawan senantiasa melakukan inovasi-inovasi dalam mencapai target Pelalawan Emas dan Indonesia Emas, salah satunya peningkatan teknologi di seluruh Sistem yang ada seperti Pelalawan menuju Smart City maupun Pembangunan Kawasan Tekhno Park.

Sebagai Kawasan Industri Berbasis Teknologi, Kelima finalis ini melakukan presentasi dan pengujian oleh Dewan Juri yang dibentuk secara independen oleh Kementerian Ristekdikti. Pelalawan satu-satunya Kabupaten/Kota di luar jawa yang masuk 5 besar.

"Anugerah ini adalah atas Doa dan dukungan Masyarakat Pelalawan, Ujar Bupati Pelalawan HM. Harris.

Dia mengatakan,‎ p‎enghargaan ini diberikan atas kesungguhan Kabupaten Pelalawan dalam mengembangkan budaya inovasi, pembangunan infrastruktur serta suprastruktur teknologi  inovasi, peningkatan SDM di daerah dalam mengadopsi dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

Dalam kesempatan ini, calom Gubernur Riau ini mengucapkan terima kasih kepada BPPT yang telah mendampingi Pemkab Pelalawan selama ini.

Bupati dua periode ini juga menyampaikan bahwa penerimaan anugerah ini menjadi motivasi bagi Pemerintah Daerah  dan Masyarakat Pelalawan untuk terus menggiatkan pengembangan inovasi dan teknologi di daerah yang diharapkan memberikan dampak bagi peningkatan ekonomi daerah.

Harris mengucapkan terima kasih kepada stakeholder yang telah bersama sama  mewujudkan visi pembangunan di Pelalawan melalui pendekatan penguatan sistem inovasi.

Selain anugerah Budhipraja, juga ada anugerah Budhipura diberikan kepada pemerintah provinsi atas prestasi dalam pembinaan kabupaten dan kota.

AnugerahBudhipura diterima oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai Peringkat I, Provinsi Sumatera Selatan sebagai Peringkat II dan Pemerintah Provinsi Riau sebagai Peringkat III.‎ Tampak mendampingi Bupati Harris yaitu Kepala Bappeda Ir. M. Syahrul Syarif dan Kepala Balitbangda Ir.Arizal.

Dinas Kominfo Kabupaten Pelalawan Drs H Fakhrizal,M.Si, mengatakan Bupati Pelalawan menerima langsung penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City dari 24 kabupaten/kota yang terpilih, menyebutkan acara penyerahan penghargaan berlangsung pada Rabu (15/11/17) malam di Jakarta yang diserahkan oleh Kepala Kantor Staff Kepresidenan RI Teten Masduki.

Dimana juga siang hari Wakil Bupati Drs H Zardewan,MM telah melakukan ekspos dan pemaparan capaian Smart City yang telah dilakukan melalui empat kali bimbingan teknis oleh tim pendamping dari Kemenkominfo RI yang diketuai oleh Andrari Grahitandaru.

Dari bimtek itu sebut Fakhrizal menghasilkan Roadmap Master Plan Smart City Pelalawan untuk jangka waktu 10 tahun kedepan.

Tahun pertama menghadirkan dua Quick Win Smart City Pelalawan yaitu Pelayanan Perizinan dan Pelalawan Sehat melalui layanan kesehatan online secara audiovisual.

Pada malam itu lanjut Kadis Kominfo Pelalawan, disampaikan pemenang lomba blog, juga penyampaian program incubition pendampingan selama setahun dari pihak perusahaan clue yang dilakukan secara acak yakni Kota Tomohon, Kota Bekasi, Kabupaten Gresik.

"Penghargaan Gerakan Menuju 100 Smart City diberikan kepada Kabupaten Pelalawan bersama 24 Kabupaten dan Kota se Indonesia lainnya," ungkapnya.

Terkait penghargaan yang diterima Bupati Pelalawan HM Harris dalam mewujudkan efektivitas dan layanan menuju Pelalawan Emas dengan membawa 7 Program Prioritas Unggulan salah satunya Pelalawan Inovatif dimana Kabupaten Pelalawan mendapatkan penghargaan smart city Kemenkominfo RI melalui Program Gerakan Menuju 100 Smart City di Indonesia.

"Terpilih satu dari 24 Kabupaten dan kota se Indonesia juga tidak terlepas dari tangan dingin Bupati Harris beserta jajaran di lingkungan Pemkab Pelalawan, sehingga Pelalawan mendapatkan penghargaan Kota Cerdas tahun 2017," Jelasnya.(adv/olc/red)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pemuda dan Masyarakat Karang Anyer Duri Deklarasikan Dukungan Pemenangan Jokowi 1 Periode Lagi

    MANDAU - Ratusan Pemuda dan Masyarakat yang tergabung dalam Tim Deklarasi  Relawan Pemuda dan Masyarakat, Pemenangan Jokowi 1 Periode Lagi Kabupaten Ben

  • Kapolres Bengkalis, AKBP Yusup Rahmanto Pimpin Sertijab Kapolsek Bantan

    BENGKALIS - Kapolres Bengkalis, AKBP Yusup Rahmanto, S.I.K, MH Memimpin Upacara serah terima jabatan Kapolsek Bantan Polres Bengkalis yang sebelumnya di jabat oleh AKP Yuherm

  • Wabup Pelalawan Minta Warga Untuk Menerima Hasil Pilkades 2018

    PELALAWAN - Sebanyak 43 desa di Kabupaten Pelalawan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Rabu, 17 Oktober 2018. Wakil Bupati Pelal

  • Temuan Bayi Gegerkan Warga Siak Kecil

    SIAK KECIL - Senin, 15 Oktober 2018 malam kemarin sekitar pukul 19.30 WIB, warga di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan temuan bayi p

  • KOMENTAR