Firdaus Dukung Jokowi, Pengamat: Dia Tercampakkan

Senin, 01 Oktober 2018 15:16
BAGIKAN:

PEKANBARU - Dukungan Walikota Pekanbaru Firdaus kepada Jokowi cukup mengejutkan sejumlah pihak. Pasalnya Firdaus saat ini masih tercatat sebagai kader Demokrat.

Demokrat sendiri memutuskan dukungan kepada pasangan Prabowo - Sandi dalam Pilpres 2019 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, pengamat Politik Saiman Pakpahan menilai dukungan tersebut merupakan bentuk perlawanan Firdaus kepada partai pasca dirinya "tercampakkan".

"Di Demokrat dia ini kan tercampakkan, dia gagal menjadi Ketua DPC Pekanbaru, sementara jabatannya adalah Walikota Pekanbaru. Ini menyebabkan daya ikat partai lemah kepada dia karena kepentingannya sukar masuk," ungkap Dosen Universitas Riau ini, Senin, 1 Oktober 2018.

Akibatnya, kata Saiman, Firdaus mencari jalan keluar dari partai dengan melakukan perlawanan ini untuk menyelamatkan karir politiknya.

"Dia mencari jalan keluar yang menyelematkan karirnya, setelah dia habis dari walikota, dia harus membangun patron baru, karena sekarang dia posisinya tercampakkan," katanya.

Mengenai kegagalan di Pilgub, Saiman menilai hal tersebut tidak berpengaruh. Sebab mesin partai, menurutnya sudah cukup maksimal dalam mensosialisasikan Firdaus.

"Kalau Pilgub itu yang dijual memang sosok, dan kebetulan sosok Syamsuar cukup baik dengan keberhasilannya di Siak," tutup Saiman.[roci]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Bupati Segudang Prestasi Dilantik Menjadi Gubernur Riau

    JAKARTA - Presiden Joko Widodo resmi melantik Syamsuar sebagai Gubernur Riau (Gubri). Ia akan memimpin Riau 5 tahun ke depan, bersama wakilnya Edy Natar Nasu

  • Detik Detik Syamsuar-Edy Nasution Menuju Istana Negara Sebelum dilantik Presiden Joko Widodo

    JAKARTA - Mengenakan pakaian serba putih dengan tanda pangkat di kedua pundak dan tanda jasa di bagian dada sebelah kiri serta topi pet berwarna hitam, Syams

  • Tak Ada Perayaang Cap Go Meh, Warga Tionghua Bengkalis Sembahyang Di Vihara

    BENGKALIS - Warga Tionghoa Bengkalis melakukan sembahyang di Vihara Hok Ann Kiong, Selasa 19 Februari 2019 malam tadi di jalan Yos Sudarso, Kota Bengkalis.

  • Pasca Karlahut Di Rupat, Cuaca Bengkalis Cerah

    BENGKALIS - Satu dari tiga Kabupaten Kota di Provinsi Riau terjadi peristiwa kebakaran lahan dan Hutan (karlahut) tidak terkecuali di Kabupaten Bengkalis. Me

  • KOMENTAR