*Pemilu 2019

KPU Nyatakan DPC Partai Hanura Meranti Penuhi Syarat Verifikasi Faktual

Rabu, 31 Januari 2018 16:55
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti, dinyatakan memenuhi syarat verifikasi faktual Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Hal itu setelah Tim Verifikasi Faktual Pantai Politik KPU Kepulauan Meranti yang dipimpin Komisioner KPU, Dadang mendatangi Kantor DPC Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti di Sekretariat DPC Partai Hanura Jalan Pelajar Alah Air Selatpanjang, Kepulauan Meranti, pada Rabu 31 Januari 2018 pukul 14.25 Wib.

Hadir pula dalam acara itu, Komisioner KPU Kepulauan Meranti, Komisioner Staf Panwaslu Kepulauan Meranti, Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti Tengku Mustafa ST. MT, beserta pengurus dan Anggota.

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti Tengku Mustafa, didampingi pengurus, menyambut baik kedatangan tim verifikasi partai politik dari KPU Kepulauan Meranti.

"Hari ini, kita kedatangan tamu besar yang mana tamu ini mangamanatkan undang-undang terkait verifikasi, yakni dari pihak KPU dan Panwaslu. Mau tidak mau, kita sebagai warga Indonesia yang baik harus patuh pada aturan yang berlaku, yang telah diamanatkan pada undang-undang," ujarnya.

Sementara Komisioner KPU Kepulauan Meranti, Dadang mengucapkan kebanggaan terkait penyambutan pihaknya yang dilakukan oleh DPC Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti. Dadang mengakui bahwa ini merupakan penyambutan yang pertama kali dengan menggunakan kompang.

"Sangat membangga bagi kita, selama verifikasi yang kita lakukan di Partai yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti, baru ini disambut dengan kompang dari Partai Hanura. Dan ini bukan membedakan partai, tapi inilah kenyataannya yang ada," katanya.

Mengenai verifikasi, Dadang menjelaskan sebenarnya sudah diatur dalam undang-undang. Partai yang sudah ada kursi di DPR sebenarnya tidak lagi diverifikasi, namun sebagian partai baru menggugat di Yudisial, sebab diakuinya kurang adil.

"Maka itu dilakukanlah verifikasi ulang untuk partai lama, seperti yang terlaksana hari ini. Dimana Kita lakukan verifikasi kecocokan datanya," ucapnya.

Ada tiga hal yang diverifikasi, yakni terkait kepengurusan DPC Partai Hanura, keterwakilan 30 persen perempuan dalam kepengurusan, dan domisili kantor.

Berdasarkan verifikasi yang dilakukan, Dadang menyebutkan, hasil yang diperoleh kepengurusan, keberadaan kantor, dan keterwakilan perempuan, terpenuhi. Maka verifikasi faktual dinyatakan memenuhi syarat.

Dalam hal kepengurusan, KPU hanya memverifikasi identitas Ketua Umum, Sekjen, dan Bendahara DPC Partai Hanura. Verifikasi dilakukan dengan mencocokkan kartu identitas pengurus tersebut.

Hal yang sama juga dilakukan terhadap 30 persen keterwakilan perempuan dalam kepengurusan. Total pengurus DPC Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti berjumlah 56 orang.

Jumlah keterwakilan perempuan di DPC Partai Hanura ada 14 orang, itu kira-kira kalau dikonversi ada 30 persen sehingga sudah memenuhi batas minimal 30 persen keterwakilan perempuan.

Terakhir, Kantor DPC Partai Hanura yang berada di Jalan Pelajar Alah Air dinyatakan memenuhi verifikasi. Hal itu berdasarkan surat keterangan dari pihak Desa Alah Air.

"Jadi berdasarkan tiga hal itu, dalam penilaian KPU kepengurusan DPC Partai Hanura dinyatakan memenuhi syarat berdasarkan verifikasi ini," ungkapnya.(nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR