Kadispersip buka sosialisasi kearsipan

Selasa, 12 September 2017 10:44
BAGIKAN:
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid Pengembangan Koleksi dan Konservasi Perpustakaan, Agusrizal, M.Hum memasangkan tanda peserta Sosialisasi Kearsipan Kabupaten Bengkalis yang dilaksanakan di Aula Hotel Horizon Bengkalis, Selasa (12/9).
BENGKALIS -Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (dipersip) kabupaten Bengkalismembuka secara resmi sosialisasi kearsipan Kabupaten Bengkalis bertempat di Aula Hotel Horizon Bengkalis, Selasa (12/9). Dalam pengarahannya, ia mengharapkan agar terwujud pengelolaan kearsipan Kabuaten Bengkalis dengan sebaik-baiknya.

"Ke depan mari kita wujudnya tatanan pengelolaan kearsipan dengan sebaik-baiknya. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, diperlukan pemahaman yang memadai", jelas Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, DR. H. Nasir melalui Kepala Bidang Pengembangan koleksi dan konservasi perpustakaan, Agusrizal, M.Hum.

Lebih jauh Agus menjelaskan, ada enam persoalan yang dihadapi dalam mengelolaan arsip. Pertama, bagaimana memperoleh kembali arsip dengan cepat sewaktu dibutuhkan. Kedua, hilangnya arsip akibat sistem penyimpanan yang kurang sistematis. Terus bertambahnya jumlah arsip ke dalam bagian penyimpanan tanpa diikuti dengan penyingkiran dan penyusutan.

"Ke empat, tatakerja kearsipan yang tidak mengikuti perkembangan pengelolaan kearsipan modern. Kelima, peralatanan kearsipan yang tidak memadai. Dan enam, kurangnya kesadaran pegawai akan pentingnya arsip bagi organisasi," jelasnya.

Di era digital saat ini, menurut Magister Humaniora UGM ini, pengelolaan kearsipan mulai bergeser dari bentuk-bentuk tradisional dan manual ke sistem dengan menggunakan sistem aplikasi komputerisasi. "untuk itu, dibutuhkan sumber daya manusia kearsipan yang menguasai teknologi IT. Tanpa ini, mustahil arsip tersebut dapat diproses dengan efektif, efisiensi, dan aman," jelasnya.

Pada bagian lain, mantan Kabag Humas ini berharap, agar seluruh peserta sosialisasi dapat memanfaatkan kesempatan sosialisasi untuk membekali diri dengan ilmu pengetahuan yang cukup sehingga mampu menerapkannya di lingkungan kerja masing-masing.

"dengan waktu yang singkat ini saya berharap agar seluruh peserta sosialisasi dapat memetik manfaat keilmuan dan keterampilan kearsipan, sehingga akan terwujud tatakelola kearsipan dengan sebaik-baiknya," harapnya.

Ketua panitia pelaksana selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan, Aridawati menjelaskan bahwa sosialisasi ini diikuti oleh 46 peserta dengan nara sumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Propinsi Riau.

"kegiatan yang akan berlangsung hingga tanggal 13 September 2017 ini diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah, UPT perpustakaan kecamatan, dan perguruan tinggi yang ada di Bengkalis", jelas Aridawati.(rls)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Meski Faktanya Tidak Ada Manusia yang Benar-Benar Netral, Netralitas harus Digaungkan!

    BENGKALISONE - “Desember tahun lalu menpan mengeluarkan edaran larangan PNS menunjukkan dukungan politik di internet.”

    Semua sud

  • BAK Lipun: Bukan Hanya Kelalaian, Dugaan Aliran Dana Juga Harus Diungkap

    BENGKALIS - Sekretaris BAK- Lipun Wan Muhammad Sabri mengatakan penegak hukum jangan hanya memproses para oknum pegawai Lapas terkait kelalaian saja. Dugaan

  • Wabup Muhammad Tegaskan ASN Bengkalis Penuhi Kewajiban Sesuai Tugasnya

    BENGKALIS - Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis, H Muhammad, meminta kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, untu

  • KaDe: Perda Pengelolaan Zakat Harus Sesuai Kaidah Islam

    BENGKALIS - DPRD Kabupaten Bengkalis dalam masa persidangan pertama tahun 2018,  telah membentuk 3 Pansus Ranperda atas usulan Pemeruntah Kabupaten Beng

  • KOMENTAR