Pawai Taaruf MTQ Riau, Kabupaten Meranti Paling Unik dan Memukau Publik

Senin, 11 Desember 2017 11:40
BAGIKAN:

DUMAI - Pawai Ta’aruf Kepulauan Meranti yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah Yulian Norwis SE MM berhasil memukau publik, di acara pelepasan Pawai Ta’aruf MTQ Ke-36 Tingkat Provinsi Riau,  jalan HR. Soebrantas, Dumai, Minggu (10/11) kemarin.

Rombongan Kepulauan Meranti merupakan penampilan terbesar karena diikuti hampir 800 orang personil, tidak sekedar besar tapi juga sangat unik karena menampilkan berbagai ragam kearifan lokal serta berbagai atraksi permainan dan tarian, mobil hias yang menggambarkan kearifan lokal masyarakat Meranti.

Dibarisan depan tampak kelompok Marching Band diikuti ratusan pelajar yang membawa hiasan manggar mayang dan yang paling menarik adalah kelompok Bujang-Dara yang terdiri dari muda-mudi Meranti mengenakan berpakaian adat berbagai daerah diantaranya Melayu, Jawa, Aceh, Sumatera Barat, Bugis, Sunda dan lainnya sebagai representasi kemajemukan masyarakat Meranti.

Tepat dibelakannya, terlihat rombongan silat dan music kesenian khas Meranti yang menampilkan tarian yang diberi nama mengangkat Tual Sagu yang menggambarkan kearifan lokal masyarakat setempat yang terkenal dengan sebutan Kota Sagu itu. Tak ketinggalan rombongan kompang dari ibu-ibu majelis taklim Meranti.

Tak selesai disitu, Kepulauan Meranti juga menampilkan mobil hias yang didesain sedemikian rupa berbentuk miniatur rumah Sagu dengan tema ekonomi kerakyatan berbasis Sagu, dibagian depannya tampak batang Sagu lengkap dengan kapak dan parang alat yang digunakan untuk menebang batang Sagu yang menjadi komoditi andalan Kepulauan Meranti, dibagian kiri-kanannya bertuliskan penghargaan yang pernah diraih oleh Meranti yakni berhasil mengembangkan pangan alternatif dan meraih rekor MURI atas cipta kreasi panganan Sagu.

Kendaraan kedua berbentuk jembatan yang menggambarkan Visi Misi Meranti dengan program merangkai pulau yang diayasnya terdapat miniatur Al-Quran dengan tema meraih kebahagiaan dengan mengamalkan kandungan Al-Quran.

Dibelakang mobil hias terlihat rombongan permainan tradisional menggolek Tual Sagu, seperti diketahui permainan menggolek Tual Sagu ini adalah permainan tradisional khas yang hanya bisa disaksikan di Meranti yang selalu dimainkan oleh masyarakat saat musim panen Sagu.

Rombongan selanjutnya yang tak ingin ketinggalan adalah SKPD Meranti yang terdiri dari Forkopimda, Kepala OPD, Camat, ibu PKK, BKMT, Majelis Taklim dan lainnya.

Pada kesempatan itu sebagai bentuk terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Riau dan Pemda Kota Dumai, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim juga menyerahkan lukisan dan cenderamata kepada Gubernur Riau H. Arsyad Juliandi Rachman dan Zulkifli AS yang telah menyelenggarakan Ivent MTQ sebagai bentuk Syiar Islam mewujudkan masyarakat melayu yang Madani.

Untuk diketahui, jumlah Qori dan Qoriah akan berloba pada MTQ Provinsi kali ini berjumlah 50 orang, dengan komposisi 48 orang peserta tambah 2 cadangan. Seluruh peserta yang dikirim diakuinya merupakan putra-putri terbaik asli Meranti yang diyakini mampu mengharumkan nama Meranti diajang bergengsi itu.

Cabang yang diikuti meliputi Tartil Quran, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tilawah Cacat Netra, Qiraah Sabah Mujawad Dewasa, Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia, Hifzil dan Tilawah, Khat Hiasan Mushaf, Khat Naskah, Khat Dekorasi, Khat Kontemporer, serta Syahril Quran.

Kabupaten Kepulauan Meranti yang pada ajang MTQ sebelumnya berhasil keluar sebagai Runner Up berharap pada MTQ Ke-XXXVI Tingkat Provinsi kali ini dapat menjadi yang terbaik atau setidaknya dapat mempertahankan rangkingnya.[rls/nur]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Speedboat Pengangkut Anggota TNI Dikabarkan Hilang Kontak di Sumut

    BENGKALISONE - Speedboat pengangkut anggota TNI, dikabarkan hilang kontak di Perairan Teluk dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Namun, seluruh pen

  • Esok, Tahun Ajaran Baru, KPAI: Jangan Ada Plonco dan Buli

    BENGKALISONE - Pada Senin, 16 Juli 2018 esok, merupakan hari pertama dimulainya tahun ajaran baru. KPAI mendukung imbauan agar para orangtua siswa mengantar

  • Kunjungan Kasih, Perempuan HKBP Bengkalis 'Sambangi' Warga Binaan di Lapas Bengkalis

    BENGKALIS - Guna mendorong para warga binaan untuk bertekun melakukan perbaikan diri, warga binaan di Lapas kelas II Bengkalis diminta meyakini rencana Tuhan

  • Jadi Juara Dunia, Zohri: Insyaallah Tak Jadi Sombong, Terus Latihan dan Berdoa

    JAKARTA - Lalu Muhammad Zohri telah menorehkan sejarah. Dia berhasil menjadi juara dunia setelah memenangkan Kejuaraan Dunia Atletik nomor lari 100 meter U-2

  • KOMENTAR