RTRW Batal Disahkan, Gubri: Bolanya Ada Pada Pansus

Selasa, 12 September 2017 20:01
BAGIKAN:
Arsyadjuliandi
PEKANBARU- Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, tidak mau berpolemik terkait batalnya pengesahan Ranperda RTRW Riau di DPRD, Senin kemarin. Dan ia tidak ingin berandai-andai penundaan tersebut ada kaitannya dengan politik.

"Jangan berandai-andai, semuanyakan itu RTRW ada di Pansus. Yah kita tunggu Pansus hasilnya bagaimana. Dan ini kebutuhan bukan kebutuhan pribadi atau kebutuhan gubernur Riau, tapi kebutuhan masyarakat Riau, kebutuhan nasional, itu yang harus dipikirkan," tegas Gubri, Selasa (12/9/2017).

Menurut Gubri, untuk percepatan pengesahan RTRW Riau, 'bolanya' ada pada Pansus. Jika lambat disahkan oleh Pansus dan DPRD Riau maka akan semakin lambat Riau memiliki RTRW, dan dapat menghambat pembangunan yang ada di Riau. Ia mengatakan Pemprov Riau sendiri kembali menunggu jadwal dari DPRD.

"Semuanya tegantung Pansus, bolanya ada di Pansus. Pansus itukan ada pimpinannya, ada anggotanya, semua ada di Pansus," tegas Gubri lagi.

Sementara itu, terkait dengan adanya indikasi pemutihan terhadap lahan perusahaan-perusahan besar yang sudah membuka lahan di wilayah Riau gubernur dengan tegas mengatakan, pihaknya tidak ada wewenang memutihkan area perusahaan yang tidak masuk adalam RTRW Riau.

"Apa pula kewenangan pemprov, kalau ada kewenangan pemprov memutihkan, memerahkan, tidak perlu ada pansus, tidak perlu ada apa-apa. Kita langsung merah putihkan saja," kata Gubri.

Untuk diketahui, Paripurna pengesahan RTRW batal digelar. Penyebabnya, kehadiran anggota dewan tidak kuorum. Sekitar 11.45 WIB pada Senin lalu, dan wakil ketua DPRD Riau, Sunaryo, yang memimpin sidang mengumumkan bahwa sidang paripurna dibatalkan.

Rapat Paripurna tersebur juga dihadiri, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, dan sejumlah kepala Dinas, biro dan badan, dilingkungan Pemprov Riau.(cakaplah)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Tegas! CPNS di Bengkalis Jangan Coba-coba Ajukan Pindah

    BENGKALIS -Bupati Bengkalis Amril Mukminin berpesan kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang baru menerima SK pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Pegawai T
  • Bupati Bengkalis Serahkan 219 SK CPNS Tiga Formasi

    BENGKALIS- Bupati Bengkalis Amril Mukminin menyerahkan sebanyak 219 Surat Keputusan (SK) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Senin (19/9/2017).

    Adapun formasinya adalah
  • Perubahan, Berikut Struktur Komisi di DPRD Bengkalis

    BENGKALIS -DPRD Kabupaten Bengkalis melakukan perubahan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Perubahan itu terjadi pada Komisi, Badan Anggaran, Badan Legislatsi, Badan Musyawarah dan Bada
  • Kucing Ini Setia Tunggui Makam Pemiliknya dan Tak Mau Diusir

    BENGKALISONE -Seekor kucing berbulu putih di Malaysia mendadak menjadi perbincangan hangat para warganet akibat perilaku tak lazimnya. Peristiwa unik ini terjadi di komplek pemakam
  • KOMENTAR