Tahapan Pilkades serentak Bengkalis Dimulai 16 Januari ini, Berikut Penjelasannya

Kamis, 12 Januari 2017 16:31
BAGIKAN:
BENGKALIS - Tahun ini, sebanyak 96 desa di Kabupaten Bengkalis akan melaksanakan pesta demokrasi pemilihan kepala desa langsung (pilkades). Tahapan pelaksanaan Pilkades dimulai 16 Januari 2017 dan berakhir pada tahapan pelantikan calon Kades terpilih 28 hingga 31 Agustus 2017.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Ismail, dalam rilis yang disampaikan, Kamis (12/1/2017). Dimulai dengan tahapan persiapan dari 16 Januari hingga 2 Februari, pada tahap ini akan dibentuk panitia Pilkades, yang dimulai dengan pengumuman rencana pembentukan dan pembukaan pendaftaran calon anggota panitia Pilkades.

"Setelah panitia terbentuk, selanjutkan melaksanakan sosialisasi Pilkades serentak. Pada 20 Februari hingga 30 April 2017 membentuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dan pengawas Pilkades," ujar Ismail.

Selanjutnya tahap pencalonan, tahapan-tahapan yang bakal dilaksanakan meliputi, pengumuman dan pendaftaran bakal calon kades, penelitian kelengkapan dan keabsahan serta klarifikasi persyaratan administrasi bakal calon kades. Pengumuman hasil penelitian kelengkapan dan keabsahan klarifikasi administrasi bakal calon kepala desa.

"Pada tahap ini, jika jumlah bakal calon kades yang dinyatakan lulus persyaratan administrasi kurang dari dua orang, maka akan pengumuman diperpanjang. Jika peserta yang lulus lebih dari lima orang, maka akan dilakukan seleksi tambahan dan lanjutan. Baru kemudian pada 22 Mei 2017 tahapan penetapan nomor urut calon kades," ungkap Ismail.   

"Tahapan-tahapan lain yang akan dilalui, meliputi penetapan pemilih, sosialisasi pemilihan kades, kampanye, pemungutan suara dan pelantikan calon kepala desa terpilih," ujar Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Agar pelaksanaan tahapan pesta demokrasi berjalan lancar dan sukses, Ismail menghimbau kepada kepala desa dan seluruh elemen masyarakat desa, untuk menjaga suasana kehidupan yang kondusif, tertib dan aman. "Pak Bupati telah mengintruksikan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Panitia Pemilihan tingkat Kabupaten dan Camat serta unsur pemerintahan desa untuk lebih gencar melakukan sosialisasi dan pendampingan yang optimal," ungkap Ismail. (Gus)              
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Resmi! Golkar Cabut Dukungannya ke Ridwan Kamil Sebagai Cagub Jabar

    JAKARTA - Partai Golkar resmi mencabut dukungannya terhadap bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Surat pernyata

  • Andi Rachman-Suyatno Resmi Diusung PDIP Maju di Pilgubri. Ini Kata Pengamat....

    PEKANBARU - Petahana, Arsyadjuliandi Rachman bersama Bupati Rokan Hilir yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Riau, Suyatno, resmi diusung PDIP. Pengumuman jagoan P

  • Terkait Tunggakan PLN, Pemkab Rohil Bakal Bayar di Anggaran 2018

    ROHIL - Tunggakan biaya penyediaan jasa listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada pihak PT. PLN Persero Cabang Bagan Siapiapi sebesar Rp. 12.6 Milyar a

  • Terduga Pelaku Begal Akhirnya Tewas Usai Dihakimi Massa

    KAMPAR - Seorang pemuda berusia 20 tahun, yang diduga oleh warga sebagai pelaku begal, akhirnya tewas setelah dihakimi oleh massa pada Sabtu (16/12/2017) kem

  • KOMENTAR