BPBD: 60 Hektar Lahan Milik Warga Siak Terbakar

Minggu, 16 Februari 2014 15:14
BAGIKAN:
kebakaran hutan
SIAK, POG - Pihak Penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kabupaten Siak memperkirakan sekitar 60 hektar lahan milik warga terbakar dimusim kemarau ini.

Hal itu diindikasikan adanya lahan gambut yang sangat rentan terhadap api. Adapun lahan warga yang terbakar itu terdapat dibeberapa kecamatan yaitu kecamatan sungai mandau di Desa Tasik betung, kecamatan Dayun, Kecamatan Mempura, dan kecamatan Sungai Apit. hingga kini indikasi faktor penyebab terjadinya kebakaran masih belum bisa dipastikan.

"Apakah ada unsur kesengajaan atau ada hal lainnya," jelas Kepala BPBD kabupaten Siak Wan Abdul Rajak Minggu (16/2).

Menurutnya pihaknya sudah berupaya bekerja sesuai dengan kemampuan dalam menangani lahan yang kebakaran tersebut.

"Upaya dalam memadamkan api sudah dilakukan dengan mengerahkan semua personil yang ada dan dibantu oleh perusahaan yang berada disekitarnya,"kata Abdul Rajak.

Dikatakan Wan Abdul rajak adapun kendala yang ada dilapangan bahwa jarak sumber air dengan lokasi titik yang terbakar cukup jauh, ditambah jarak kendaraan operasional juga cukup lumayan jauh.

"Yang pasti sekuat tenaga dan kemampuan kita sudah berhari-hari melakukan pemadaman, dan dalam antisipasi patroli rutin juga dilakukan kesetiap titik kecamatan yang dianggap rawan terhadap kebakaran lahan,"ujar Wan Abdul Rajak.

Untuk itu lanjut nya diharapkan seluruh lapisan masyarakat bisa saling mengantisipasi dan menjaga supaya tidak terjadi lagi kebakaran lahan yang mengakibatkan bencana asap.

"Dikawasan kabupaten siak sesuai informsi dari pihak terkait lainya tidak termasuk salah satu titik sumber kabut asap , atau titik kebakaran yang dilihat melalui jaringan satelit," beber Wan Abdul Rajak. (pog/sht)
BAGIKAN:
KOMENTAR