• Home
  • Sosial & Budaya
  • Bangkitkan kembali Seni Silat Melayu, LAM Bangko dan Pekaitan Gelar Perlombaan

Bangkitkan kembali Seni Silat Melayu, LAM Bangko dan Pekaitan Gelar Perlombaan

Sabtu, 29 Februari 2020 14:03
BAGIKAN:

ROHIL - Guna membangkitkan kembali budaya kearifan lokal, Lembaga Adat Melayu (LAM) kawasan Bangko dan Pekaitan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melaksanakan perlombaan seni pencak silat pengantin se Kecamatan Bangko dan Pekaitan tingkat SMP, SMA dan Umum. 

Sebanyak 39 peserta mengikuti perlombaan tersebut yang dilaksanakan di depan Kantor BPKAD, jl. Merdeka, Bagansiapiapi, Sabtu (29/2/2020). 

Bupati Rohil H Suyatno yang hadir pada kesempatan tersebut sekaligus membuka secara resmi perlombaan memberikan apresiasi kepada LAM Bangko dan Pekaitan yang telah menggelar perlombaan seni pencak silat pengantin. 

Menurut dia, apa yang dilakukan LAM Bangko dan Pekaitan merupakan suatu langkah bagus dalam mengembangkan seni pencak silat yang jarang dilakukan. 

"Saya sangat senang dengan kegiatan yang dilaksanakan ini, untuk itu berikanlah arahan kepada peserta lomba bagaimana tata cara pencak silat yang benar," ungkap Bupati. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Suyatno juga memberikan tambahan bonus hadiah bagi para juara. Untuk juara satu mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 3 juta, juara dua Rp 2.5 juta dan juara tiga Rp 2 juta. Selain uang tunai, para juara juga akan membawa pulang piala bergilir. 

Kategori penilaian dalam lomba meliputi adab, kerapian, banyaknya bunga dalam silat dan tidak diperbolehkan menggunakan senjata.

Sementara itu, Ketua harian LAM Bangko dan Pekaitan Mustafa S.Pdi mengatakan, dasar pemikiran lomba seni pencak silat pengantin adalah bahwasanya tradisi seni pencak silat pengantin sudah banyak berubah berbeda dengan kaidah seni pencak silat pengantin sebenarnya.

Dijelaskannya, hampir setiap daerah di Rohil memiliki perbedaan seni pencak silat pengantin untuk itu sesuai arahan Bupati akan diseragamkan.

"Dengan adanya perlombaan ini kita berharap seni pencak silat pengantin dapat membangkit kembali seni pencak silat melayu asli, kemudian ke depan akan dilaksanakan lomba se Rohil," kata Mustafa. 

Insyaallah, tambah dia, juga akan dilaksanakan lomba permainan rakyat layang waw-waw dalam beberapa bulan kedepan sesuai masukan dari masyarakat. (rif)

 

BAGIKAN:
KOMENTAR