Kualitas Udara Kabupaten Siak Mulai Normal

Jumat, 14 Februari 2014 14:14
BAGIKAN:
Kabut Asap di Siak beberapa waktu lalu.
SIAK, POG - Kualitas udara di Kota Siak berangsur membaik. Bila 2 hari sebelumnya kadar udara masuk dalam kategori berbahaya, Kamis (13/2) sekitar pukul 16.00 WIB alat ukur Index Standar Polusi Udara menunjukkan kategori tidak sehat.

Ini ditandai dengan indikator tanda warna kuning pada diagram batang alat tersebut. Indikator ini bisa dilihat di display LCD yang terpasang di ruangan Kabid Pengawasan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Siak. Sementara alat sensor pendeteksi kadar asap dipasang di Kantor Kecamatan Siak.

Pada layar monitor alat ISPU terlihat, kandungan partikulan micro (PM 10) atau partikel debu halus yang berterbangan di udara atau asap menunjukkan pada angka 135. "Kualitas udara saat ini perlahan membaik bila dibandingkan kualitas udara hari sebelumnya sebelumnya," ujar Kabid Pemantauan Kualitas Lingkungan BLH Siak, Irma Suryani.

Bila dibandingkan sehari sebelumnya, Rabu (12/2) kemarin, angka partikulan micro atau angka kualitas partikel debu di udara saat itu mencapai angka tertinggi yakni 500. Ini masuk kategori berbahaya, yang ditandai dengan level diagram batang menembus warna hitam.

Meski kualitas udara saat ini mulai membaik, jelas Irma, namun kualitas udara saat ini tetap masih dalam kategori tidak sehat dan dapat merusak kesehatan manusia. "Membaiknya kualitas udara ini mungkin dikarenakan jumlah titik api yang mulai menurun, akibat pemadaman yang dilakukan," katanya.  (pog/sht)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Dapat Kunjungan Club Motor NNJ, Ini Pesan Kasat Lantas Polres Bengkalis

    BENGKALIS - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bengkalis terus menggalakkan tertib berlalu lintas serta mengajak masyarakat lebih mematuhi dan memahami aturan dalam berlal

  • Sat Lantas Polres Bengkalis Sosialisasi keselamatan berlalu lintas di SMP 4 Mandau

    MANDAU - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bengkalis terus memberikan penyuluhan ke setiap sekolah.
    Kegiatan tersebut bersifat penyuluhan bagi an

  • Giat Polisi Beradab, Polsek Mandau Santuni Dua Keluarga Kurang Mampu

    MANDAU - Senyum sumringah terpancar dari rona wajah keluarga Karyoto (70) dan Rusli Umar (78) warga Kecamatan Bathin Solapan.

    Kedua keluarga

  • Indahnya Lampu Colok Desa Pedekik Hingga Decak Kagum Warga

    BENGKALIS - Sebanyak 3.700 lampu dari kaleng-kaleng bekas minuman tertata indah dan terhias di Desa Pedekik, Kecamatan Bengkalis, Jumat 31 Mei 2019 malam tad

  • KOMENTAR