• Home
  • Sosial & Budaya
  • Meriahkan HUT Bengkalis ke 506, Suku Batak Bengkalis Tampilkan Tor-Tor dan Nyanyian 5 Puak Batak

Meriahkan HUT Bengkalis ke 506, Suku Batak Bengkalis Tampilkan Tor-Tor dan Nyanyian 5 Puak Batak

Kamis, 26 Juli 2018 12:46
BAGIKAN:

BENGKALIS - Memeriahkan Hari Jadi Bengkalis ke 506, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menaja pentas seni hiburan rakyat yang menampilkan budaya seni dari berbagai suku di Negeri Junjungan ini. Malam seni Bengkalis Bedelau itu dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis (LTB).

Tidak ketinggalan juga pada Suku Batak yang ada di Kabupaten Bengkalis. Mereka dijadwalkan dan akan menampilkan budaya seni suku khas daerahnya pada hari Minggu, (29/07/2018) malam.  

Demikian dikatakan Ketua Panitia, HUT Bengkalis ke 506 dari Paguyuban Suku Batak, Yulistar Simorangkir. Menurutnya, persiapan pegelaran seni budaya suku Batak di malam seni Bengkalis Bedelau akan menampilkan Tor-tor dan Nyanyian Lima puak Batak, yaitu Toba, Mandailing, Simalungun, Karo, Pakpak, Dairi dan Angkola.

"Paguyuban suku Batak menampilkan tarian Tor Tor dari nyanyian lagu tapanuli di bengkalis serta kami menampilkan musik tradisional Batak yaitu gondang dan seruling Batak, yang di datangkan dari luar bengkalis," kata Yulistar Simorangkir, Kamis (26/07/2018).

Terpisah, Ketua Ikatan Keluarga Batak Riau (IKBR) Bengkalis, J. Hurahaean menambhakan bahwa pagelaran seni budaya dari paguyuban suku Batak, baik tarian tor tor maupun nyanyian lagu batak, merupakan partisipasi aktif semua warga Bengkalis yang bersuku Batak untuk meriahkan secara bersama agenda Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam merayakan HUT Bengkalis ke 506 tahun.

"Kami sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemkab Bengkalis yang telah memberikan wadah pementasan kreativitas dan pelestarian seni budaya semua paguyuban khususnya kami dari paguyuban suku Batak yang dikemas dalam satu rangkaian kegiatan HUT ke 506 Bengkalis tahun 2018.dan secara khusus kami mengundang warga batak yang ada di Bengkalis agar datang bersama keluarga untuk menyaksikan tor-tor dan lagu dari etnis batak yang dibawakan oleh warga bengkalis yang etnis batak," ungkap J. Hurahaean. [And]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kasat Polair Bengkalis Sebut 7 Korban KLM Alisa Indah Terbakar Kondisi Selamat

    BENGKALIS - Tujuh awak kapal KLM Alisa Indah GT 136 yang terbakar, Jumat, 15 Februari 2019 sekitar 13.30 WIB siang di perarian bengkalis kini telah diamankan

  • KLM Alisa Indah GT 136 Terbakar Di Perairan Bengkalis

    BENGKALIS - Kecekakaan kapal kembali terjadi peraian Bengkalis, Jumat (15/2) siang. KLM Alisa Indah GT 136 terbakar sekira pukul 13.30 WIB.

  • Kejari Bengkalis tetapkan 4 Tersangka Korupsi UED-SP

    BENGKALIS - Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Bengkalis telah menerima pelimpahan semua berkas empat tersangka dalam kasus Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam

  • Beginilah Cerita Ali, Nelayan Bengkalis Temukan Warga Myanmar Hanyut Di laut

    BENGKALIS - Nelayan Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau menyelamatkan seorang warga Negara Asing (WNA) yang ditemukan di tengah l

  • KOMENTAR