Ritual Mandi Safar di Rupat Digelar 14 November

Senin, 06 November 2017 13:58
BAGIKAN:
Mandi safar
BENGKALIS -Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) kembali menggelar ritual Mandi Safar di Pulau Rupat, 14 November 2017 mendatang.

Kegiatan tahunan ini dipusatkan di Pantai Tanjung Lapin, Desa Tanjung Punak, Rupat Utara.

Jika tak ada aral melintang, ritual mandi 'tolak bala' akan dibuka secara resmi Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Kepala Bidang Kebudayaan Khairani mengungkapkan persiapan jelang hari H sudah 75 persen. Kesiapan ini melibatkan pihak kecamatan sebagai panitia pelaksana.

"InsyaAllah, kegiatan mandi safar ini akan dilaksanakan hari Selasa 14 November pagi pukul 09.00 WIB. Akan dibuka langsung pak Gubernur, Pak Bupati,"ungkapnya, Senin (6/11/2017)

Perempuan akrab dengan sapaan Buk Khai ini menjelaskan ritual mandi safar akan dilakukan simbolis oleh Gubernur dan Bupati. Setidaknya ada 4 anak yang akan disirami dengan air wafak lengkap dengan tulisan islami atau kaligrafi.

"Tujuannya, untuk menolak bala atau selamat di bulan safar. Karena kepercayaan warga setempat bulan safar merupakan bulan penuh dengan bala, "terang Buk Khai.

Selain mandi safar, katanya, akan dilaksanakan berbagai kegiatan kesenian. Seperti salah satu tari zapin api.

"Hiburan ini dilaksanakan tanggal 12 malam sebelum hari H,"pungkas Khairani. (Gus)
BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Korem 031/WB Cek Fisik dan Administrasi Kendaraan Dinas

    PEKANBARU - Sebagai salah satu langkah penertiban dalam berlalu lintas, Rabu, (15/08/2018), Korem 031/WB melaksanakan pemeriksaan kelengkapan kendaraan dinas

  • MenPAN-RB Mundur, Begini Nasib Penerimaan PNS Baru

    JAKARTA - Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Mudzakir mengatakan, mundurnya

  • Wakapolri Komjen Syafruddin Akan Jadi Menpan-RB

    JAKARTA - Wakapolri Komjen Syafruddin ditunjuk Presiden Joko Widodo menggantikan Asman Abnur. Asman mundur usai PAN memilih menjadi oposisi dengan mendukung

  • Kapolri Mutasi Kapolda Riau Saat Karhutla Membara

    PEKANBARU - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jendral Tito Karnavian merotasi sejumlah pejabat tinggi di lingkungan Polri. Salah satu diantaran

  • KOMENTAR