Yakin Masih Bercita-Cita Tobat di Usia Tua?.. Pikirkan 5 Hal Ini!

Minggu, 26 November 2017 21:56
BAGIKAN:
Ilustrasi tobat

PEKANBARU - Tidak ada kata terlambat memperbaiki diri sebelum ajal menjemput. Seberapa besar dosa yang kita miliki, jika kita tobat sungguh-sungguh, pasti akan diampuni oleh Yang Maha Mengampuni. Dengan syarat masih hidup di dunia ini.

Namun kadang kebanyakan orang suka ragu-ragu jika punya keinginan untuk tobat. Bahkan ada yang menunda-nunda tobat dengan dalih umur masih muda, tubuh masih sehat dan merasa masih jauh dari kematian.

Dari situ muncul pemikiran kalau tobat nanti saja setelah umur tua karena masih ada kesempatan untuk tobat. Hingga akhirnya pemikiran seperti ini tertanam kokoh di dalam hati dan seseorang jadi kehilangan rasa ingin memperbaiki dirinya dari yang buruk jadi baik.

Tapi setelah memikirkan beberapa hal ini, yakin kamu masih bercita-cita tobat di usia tua nanti?

1. Emangnya yakin umur kamu akan sampai tua?

Jangan terlalu percaya diri kalau kamu akan hidup sampai tua. Ingat ajal itu tak memandang usia, baik itu masih bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga yang sudah tua.

2. Ajal selalu mengikuti kamu kemanapun kamu pergi

Tahu tidak kalau setiap detik kita bernafas, ajal itu selalu berada di dekat kamu. Hanya saja ajal menunggu perintah dari Allah. Jika sudah mendapatkan tugas, ajal bisa dengan mudah menghampiri kamu dalam hitungan detik.

3. Banyak yang meninggal mendadak

Pernah tidak kamu melihat teman atau kerabat meninggal secara mendadak, alias tanpa sakit parah dulu dan bahkan usianya masih sangat muda. Renungkan saja, ajal itu tak memandang yang sakit, tua dan sehat.

4. Tobat di usia tua lebih repot

Meskipun kamu sampai di usia tua, lalu kamu tobat, tentu kondisi fisik kamu akan sulit menopang tekad kamu. Mumpung masih muda dan memiliki tubuh sehat yang bisa menopang untuk beribadah, jangan menyimpan tobat untuk masa tua nanti.

5. Bandingkan tobat dengan dosa kamu

Misalkan kamu tobat di usia 60 tahun dan kamu meninggal di usia 70 tahun, itu berarti kamu hanya menghabiskan 10 tahun untuk beribadah, sementara sisnya digunakan untuk berbuat dosa dan tidak beribadah. Seimbangkah?  Kecuali tobatnya bersungguh-sungguh dengan keyakinan yang kuat, baru seimbang.

Setelah memikirkan lima hal di atas, kamu masih bercita-cita tobat di usia tua nanti atau mau sekarang?[wm]

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pemuda dan Masyarakat Karang Anyer Duri Deklarasikan Dukungan Pemenangan Jokowi 1 Periode Lagi

    MANDAU - Ratusan Pemuda dan Masyarakat yang tergabung dalam Tim Deklarasi  Relawan Pemuda dan Masyarakat, Pemenangan Jokowi 1 Periode Lagi Kabupaten Ben

  • Wabup Pelalawan Minta Warga Untuk Menerima Hasil Pilkades 2018

    PELALAWAN - Sebanyak 43 desa di Kabupaten Pelalawan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2018, Rabu, 17 Oktober 2018. Wakil Bupati Pelal

  • Temuan Bayi Gegerkan Warga Siak Kecil

    SIAK KECIL - Senin, 15 Oktober 2018 malam kemarin sekitar pukul 19.30 WIB, warga di Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis dihebohkan dengan temuan bayi p

  • Dukung Jokowi, Gerindra Akan Pecat Bupati Rohul, Sukiman

    PEKANBARU - Beredarnya tanda tangan Ketua DPC Partai Gerindra juga Bupati Rokan Hulu (Rohul), Riau, Sukiman, di atas secarik kertas bertuliskan Pernyataan Du

  • KOMENTAR