'Gaya Hidup' Tren kesehatan 2017

Rabu, 04 Januari 2017 18:54
BAGIKAN:
beritagar
Ilustrasi lemak sehat, salah satu tren kesehatan 2017.

Bersama datangnya pergantian tahun, tren pun bergulir. Termasuk di dalamnya konsep kesehatan yang diprediksi akan menjadi tren 2017. Berikut empat di antaranya.

Makanan vegetarian

Tahun 2017 para ahli memprediksi makanan vegetarian akan menjadi bagian dari tren kesehatan. Selain sehat, asupan ini juga membuat panjang umur. Bagi para pemula bisa mencoba diet vegetarian masa kini yang tidak antidaging. Untuk pilihan makanannya pun jauh lebih kreatif. Intinya sebisa mungkin makanan vegetarian jadi lebih enak dikonsumsi, tapi tetap sehat.

Tren makanan vegetarian ini disebutkan juga dalam laporan resmi Pinterest 100 yang menyebut pencarian keripik sayuran sehat meningkat 200 persen sepanjang tahun 2016, dan bakal jadi tren 2017. Eating Well punya beberapa resep yang bisa Anda coba. Selain itu, Forbes juga memprediksi bahwa kale akan tergantikan oleh rumput laut dan menu kreatif baru lain.

Diet usus sehat dan antiperadangan

Kesehatan usus merupakan topik hangat belakangan ini sehingga pola makan yang membantu mengurangi peradangan menjadi penting. Pinterest menulis, diet antiradang mengetren karena saat ini orang lebih terfokus pada makanan bernutrisi untuk bahan bakar tubuh, dibanding menurunkan berat badan. Berikut beberapa jenis makanan yang diprediksi akan mengetren di 2017:

Makanan fermentasi mengetren sejak 2016 dan diprediksi akan terus meningkat di 2017. Buktinya, Kimchi gaya baru (Sauerkraut) termasuk dalam Pinterest 100. Ini juga berlaku untuk asinan kubis dan sayuran difermentasi.

Menurut google trends, popularitas jus semangka akan terus meningkat dan melonjak sekitar Juni 2017. Semangka merupakan sumber vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas--penyebab peradangan, osteoarthritis, rheumatoid arthritis, asma, stroke, dan serangan jantung. Semangka juga dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari.

My Domaine mengungkapkan, dua makanan yang baik untuk kesehatan usus, yaitu jamur dan kunyit akan semakin mengetren di 2017. Sejak akhir 2016, tren latte kunyit sudah mulai populer. Sementara 2017 ini, jamur yang kaya antioksidan dan dianggap adaptogen (zat yang membantu tubuh beradaptasi terhadap stres dan fluktuasi hormon) diprediksi menjadi tren kesehatan 2017.

Kacang-kacangan dan lemak sehat

Washington Post menulis prediksi tren kesehatan 2017 adalah makanan yang kaya protein nabati--sebagian besar terdiri dari kacang-kacangan, mengandung lemak sehat, sekaligus aman dikonsumsi. Bukan dengan pilihan makanan yang sudah umum di 2016, tapi yang baru, lebih inovatif, lebih kaya serat dan tinggi protein, serta aman dikonsumsi dan memiliki rasa yang lebih enak.

Misalnya saja gandum bebas gluten, sorgum yang akan menggantikan quinoa yang sempat populer tahun 2016. Atau pasta kacang-kacangan seperti spageti edamame. Ini termasuk mengonsumsi makanan dari kecambah (seperti dari biji atau kacang-kacangan), baik itu ditanam sendiri atau dalam kemasan. Untuk produk susu, Anda disarankan memilih yang rendah lemak karena lebih sehat.

Olahraga dan kebugaran sebagai alternatif pengobatan

U.S Health News melaporkan, wearable technology diprediksi tetap akan menjadi tren teratas kesehatan dan kebugaran 2017, setelah tahun lalu juga menduduki posisi teratas. Sebabnya, teknologi tersebut memiliki "daya tahan" dan semakin akurat, kata Walter Thompson, periset utama survei tahunan kesehatan dan kebugaran profesional di seluruh dunia yang diadakan American College of Sports Medicine.

Tren utama lain termasuk pelatihan berat badan--Pinterest mencatat peningkatan popularitas sebanyak dua ribu persen untuk jenis olahraga menjaga tubuh tetap bugar dan perut datar, pelatihan interval intensitas tinggi, latihan kekuatan, pelatihan kelompok, yoga dan pelatihan pribadi. Hal ini sebagian besar didorong oleh berbagai penyedia layanan kesehatan untuk memasukkan aktivitas fisik dalam rencana pengobatan medis, jelas Thompson.***

BAGIKAN:
KOMENTAR