ISPA Akibat Karhutla Rupat, Benarkah Berkurang?

Jumat, 08 Maret 2019 18:28
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID

BENGKALIS - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis mencatat terjadi penurunan penderita Insfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat terpapar bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Seperti yang ada di Kecamatan Rupat. Berada di angka 124 kasus.

"Alhamdulilah, jumlah penderita ISPA menurun. Faktor asap akibat karhutla di Kecamatan Rupat sudah berkurang," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr Ersan Saputra kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu 03 Maret 2019.

Berkurangnya dampak karhutla ini juga terasa hingga ke Puskesmas Batu Panjang, Puskesmas Teluk Lecah dan Puskesmas Tanjung Medang di Kecamatan Rupat.

"Puskesmas Teluk Lecah dan Tanjung medang nihil. Sedangkan Puskesmas Batu Panjang masih ditemukan lima pasien yang mengeluhkan penyakit pernapasan. Tiga pasien diantaranya anak kisaran umur 10 tahun dan dua pasien dewasa kisaran umur 45- 54 tahun. Untuk jenis kelaminnya, tiga perempuan dan dua pria," terang dr Ersan.

Sebelumnya, akibat dampak dari karhutla, kesehatan masyarakat di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkals sempat terganggu. Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten mencatat 124 kasus penyakit akibat asap.

Dampak yang paling banyak sesuai golongan umur pada usia 20-24 tahun hampir 28,2% dengan tingkat jumlah 35 kasus.

Kemudian disusul menurut golongan dengan usia 1-4 tahun sekitar 17,7% dengan tingkat jumlah kasus sebanyak 22 kasus. selanjutnya pada umur 5-9 tahun sekitar 16,1% sekitar 20 kasus.
 

Artikek ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Benarkah Dampak Karhutla Di Bengkalis Hari Ini Berkurang ?

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Jelang Berbuka Puasa, Kodim 0303 Bengkalis Bagi bagi Takjil

    BENGKALIS - Bulan Ramadan selalu identik bagi umat muslim dijadikan bulan yang penuh berkah dan saat yang baik untuk meningkatkan pahala. Salah satunya ialah

  • Usai Dilantik, Ini Harapan Ketua Koni Bengkalis Kepada Pengurus PBVSI Priode 2020-2024

    BENGKALIS - Pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Bengkalis resmi dilantik untuk masa bakti 2020-2024. Prosesi pelantikan berlangs

  • Porkab III 2020, KONI Kabupaten Bengkalis Gelar Sayembara Desain Maskot dan Logo

    BENGKALIS - Guna mensosialisasikan dan meningkatkan partisipasi masyarakat pada kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) lll Kabupaten Bengkalis 2020. KONI

  • KONI Bengkalis Apresiasi Percasi Gelar Pertandingan Catur U17

    BENGKALIS - Ketua Pengkab Percasi, Syahrudin menyampaikan mengusulkan beberapa kelas menjelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Bengkalis. K

  • KOMENTAR