ISPA Akibat Karhutla Rupat, Benarkah Berkurang?

Jumat, 08 Maret 2019 18:28
BAGIKAN:
RIAUONLINE.CO.ID

BENGKALIS - Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis mencatat terjadi penurunan penderita Insfeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat terpapar bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Seperti yang ada di Kecamatan Rupat. Berada di angka 124 kasus.

"Alhamdulilah, jumlah penderita ISPA menurun. Faktor asap akibat karhutla di Kecamatan Rupat sudah berkurang," kata Kepala Dinas Kesehatan, dr Ersan Saputra kepada RIAUONLINE.CO.ID, Minggu 03 Maret 2019.

Berkurangnya dampak karhutla ini juga terasa hingga ke Puskesmas Batu Panjang, Puskesmas Teluk Lecah dan Puskesmas Tanjung Medang di Kecamatan Rupat.

"Puskesmas Teluk Lecah dan Tanjung medang nihil. Sedangkan Puskesmas Batu Panjang masih ditemukan lima pasien yang mengeluhkan penyakit pernapasan. Tiga pasien diantaranya anak kisaran umur 10 tahun dan dua pasien dewasa kisaran umur 45- 54 tahun. Untuk jenis kelaminnya, tiga perempuan dan dua pria," terang dr Ersan.

Sebelumnya, akibat dampak dari karhutla, kesehatan masyarakat di Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkals sempat terganggu. Dari data Dinas Kesehatan Kabupaten mencatat 124 kasus penyakit akibat asap.

Dampak yang paling banyak sesuai golongan umur pada usia 20-24 tahun hampir 28,2% dengan tingkat jumlah 35 kasus.

Kemudian disusul menurut golongan dengan usia 1-4 tahun sekitar 17,7% dengan tingkat jumlah kasus sebanyak 22 kasus. selanjutnya pada umur 5-9 tahun sekitar 16,1% sekitar 20 kasus.
 

Artikek ini sudah terbit di RIAUONLINE.CO.ID dengan judul: Benarkah Dampak Karhutla Di Bengkalis Hari Ini Berkurang ?

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Pejabat di Lingkungan STAIN Bengkalis Harus Mampu Bekerja Profesional, Berintegritas dan Inovatif

    BENGKALIS - Ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M. Ag menyebut pejabat di lingkungan STAIN Bengkalis harus mampu bekerja sesuai dengan peraturan

  • MUI Kabupaten Bengkalis Apresiasi TNI, Polri dan Pemerintah Terkait Pengamana 21- 22 Mei 2019 di Jakarta

    BENGKALIS - Sebelumnya, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, Amrizal S.Ag dengan tegas mengatakan tidak setuju dengan adanya rencana kegiatan People Power di Jakar

  • Ketua LAMR Kabupaten Bengkalis Ucapkan Selamat Kepada Jokowi-Maruf

    BENGKALIS - Pasca ditetapkannya Jokowi-Amin sebagai pemenang Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) berdasarkan Rapat Pleno

  • Pasca Pemilu Serentak 2019, Mari Jadikan Bulan Ramadan Penyejuk Ketegangan

    BENGKALIS - Tokoh Masyarakat Duri, Kabupaten Bengkalis, Dr. Syafni Anen berharap di bulan yang penuh berkah ini dapat menjadi penyejuk ketegangan pasca pemil

  • KOMENTAR