Inilah 7 Khasiat Daun Jambu untuk Kesehatan yang Jarang Kita Ketahui

Jumat, 15 Desember 2017 12:11
BAGIKAN:
net

PEKANBARU - Sebagian besar orang tahu bahwa manfaat daun jambu bisa mengobati diare. Nah, manfaatkan daun jambu tersebut sebagai obat demam berdarah di musim hujan.

Perlu Anda tahu, daun jambu kaya akan antioksidan dan flavonol yang disebut quercetin. Ini penting untuk menjaga kesehatan, karena daun jambu biji dianggap sebagai pereda rasa sakit alami.

Daun jambu memiliki senyawa kimia tertentu yang ada di dalamnya, meliputi polifenol, karotenoid, flavonoid dan tanin yang efektif dalam mengobati berbagai jenis penyakit. Anda harus tahu ragam manfaat dari jambu biji tersebut.

Dilansir Boldsky, Jumat (15/12/2017), berikut adalah 7 manfaat yang didapatkan dari daun jambu. Simak ulasannya lebih lanjut yuk.

Obat diare

Daun jambu banyak digunakan untuk mengobati diare karena senyawa antibakterinya yang kuat bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Anda bisa merebus daunnya, lalu meminum airnya. Cobalah minum sebanyak tiga kali sehari.

Turunkan berat badan

Daun jambu membantu menurunkan berat badan secara efisien. Daun mencegah pati kompleks diubah menjadi gula. Karenanya, coba minum ramuan daun jambu yang ampuh melawan lemak di sekitar perut.

Obat bronkitis

Daun jambu membantu mengobati bronkitis dengan membuka paru-paru, mengendurkan lendir dan menenangkan batuk. Maka jika Anda mengalami batuk dan dada sesak, coba minum air rebusan daun jambu yang berkhasiat.

Obat sakit gigi

Daun jambu membantu mengobati penyakit gusi dan sakit gigi karena sifat anti-inflamasinya. Daun ini efektif dalam menyembuhkan sakit tenggorokan dan mulut juga. Karenanya, coba makan daun jambu yang berkhasiat untuk mengatasi masalah yang kerap dialami banyak orang tersebut.

Melancarkan pencernaan

Jambu daun membantu dalam proses pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan. Agen antibakteri di daun ini membunuh bakteri dan bermanfaat dalam mengatasi sakit perut. Anda harus mencobanya supaya tidak merasa tersiksa.

Daun jambu digunakan sebagai obat alami untuk mengobati demam berdarah. Ekstrak daun jambu biji dapat meningkatkan jumlah platelet dalam darah. Seketika trombosit cepat naik usai minum ramuan daun jambu.

Mengatasi alergi

Daun jambu mencegah pelepasan histamines, yang efektif dalam menghambat reaksi alergi. Dalam hal ini bisa menjadi obat alergi yang mudah dicari. Berikan kepada anak-anak pula karena obat ini aman.***

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Award Kapolri Cup 2017 di Raih Polresta Pekanbaru

    PEKANBARU - Polresta Pekanbaru berhasil meraih peringkat pertama dalam kegiatan lomba Polmas Award Kapolri Cup 2017 dengan nilai 715, yang digelar di gedung

  • Dini Hari, Kebakaran Terjadi dan Hanguskan SMPN 4 Pekanbaru

    PEKANBARU - Peristiwa kebakaran hebat menghanguskan sebagian gedung Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Pekanbaru pada Jumat dinihari tadi sekitar pukul

  • KaDe: Perda Pengelolaan Zakat Harus Sesuai Kaidah Islam

    BENGKALIS - DPRD Kabupaten Bengkalis dalam masa persidangan pertama tahun 2018,  telah membentuk 3 Pansus Ranperda atas usulan Pemeruntah Kabupaten Beng

  • Serah Terima Jabatan Tiga Perwira Polres Dumai

    DUMAI - Tiga pejabat tinggi Polres Dumai mengggelar upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab). Kegiatan yang dipimpin Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan

  • KOMENTAR