TAHUKAN ANDA

Inilah Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?..

Sabtu, 17 Juni 2017 21:11
BAGIKAN:

PEKANBARU - Bagi pecinta kopi, kopi adalah menu wajib yang harus diminumnya setiap hari baik pagi, siang, ataupun malam. Namun tahukah Anda bahwa ada waktu yang tepat untuk mengonsumsinya?

Seperti dilansir dari The Times of India, minum kopi pada pagi hari sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 bukanlah waktu yang tepat. Menurut penelitian, mengonsumsi kopi saat pagi hari bisa lebih berbahaya daripada saat dikonsumsi pada waktu-waktu lain di siang hari.

Hal ini dikarenakan jam biologis tubuh mengikuti ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang menstimulasi produksi hormon untuk mengontrol siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang mempengaruhi sistem fungsional tubuh manusia. Salah satunya hormon kortisol, yaitu hormon yang mengendalikan waktu terbangun.

Ada waktu di mana hormon kortisol diproduksi oleh tubuh dalam skala yang besar dan skala kecil. Yang harus diperhatikan, jangan minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya pada saat produksi hormon kortisol dalam tubuh sedang meningkat. Nah bagaimana siklusnya?

Pada saat pukul 07.00 hingga pukul 09.00 hormon kortisol meningkat, dan akan menurun sekitar pukul 09.30. Pada saat ini, hormon kortisol naik hingga 50 persen.

Kemudian hormon kortisol akan meningkat lagi saat pukul 12.00 dan menurun saat pukul 13.00. Pada saat ini, tingkat hormon kortisol terus menurun dibanding saat pagi hari.

Hormon kortisol akan meningkat lagi saat pukul 18.00 dan menurun saat pukul 19.00. Penurunan tingkat hormon kortisol pada waktu ini mengikuti pola tidur saat malah hari.

Maka dapat disimpulkan bahwa waktu ideal untuk minum kopi adalah pada saat pukul 09.30 hingga 11.30, 13.30 hingga 17.30, atau setelah pukul 19.00.(dtc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Menhan Ingin Cetak 100 Juta Kader Bela Negara Melalui Pramuka

    JAKARTA - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menargetkan, institusinya bisa mencetak 100 juta kader Bela Negara di tahun 2019 mendatang. Untuk bisa mencapa

  • Pilgub 2018: DPT Kabupaten Bengkalis 356.530 Pemilih

    BENGKALIS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) tahun 2018 di tingkat Ka

  • Hadiri Peringatan Isra Mi'raj yang Ditaja Polresta Pekanbaru, Ini Tausyiah Ustad Abdul Somad

    PEKANBARU - Peringati Isra Mi'raj Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto SIK SH MH undang Ustad Abdul Somad , Senin 16 April 2018

    Isra

  • Aksi Damai Terjadi di Kabupaten Inhil, Berikut Ini Tuntutan Massa?

    INHIL - Massa Aksi Damai untuk Menyuarakan Turunnya Harga Kelapa di Kab. Inhil bertempat di Halaman Gedung F, Eks SMA N 1 Tembilahan, Jl. Swarna Bumi Tembila

  • KOMENTAR