TAHUKAN ANDA

Inilah Waktu yang Tepat untuk Minum Kopi?..

Sabtu, 17 Juni 2017 21:11
BAGIKAN:

PEKANBARU - Bagi pecinta kopi, kopi adalah menu wajib yang harus diminumnya setiap hari baik pagi, siang, ataupun malam. Namun tahukah Anda bahwa ada waktu yang tepat untuk mengonsumsinya?

Seperti dilansir dari The Times of India, minum kopi pada pagi hari sekitar pukul 08.00 hingga 09.00 bukanlah waktu yang tepat. Menurut penelitian, mengonsumsi kopi saat pagi hari bisa lebih berbahaya daripada saat dikonsumsi pada waktu-waktu lain di siang hari.

Hal ini dikarenakan jam biologis tubuh mengikuti ritme sirkadian, yaitu proses biologis yang menstimulasi produksi hormon untuk mengontrol siklus 24 jam atau siklus pagi-malam yang mempengaruhi sistem fungsional tubuh manusia. Salah satunya hormon kortisol, yaitu hormon yang mengendalikan waktu terbangun.

Ada waktu di mana hormon kortisol diproduksi oleh tubuh dalam skala yang besar dan skala kecil. Yang harus diperhatikan, jangan minum kopi atau minuman yang mengandung kafein lainnya pada saat produksi hormon kortisol dalam tubuh sedang meningkat. Nah bagaimana siklusnya?

Pada saat pukul 07.00 hingga pukul 09.00 hormon kortisol meningkat, dan akan menurun sekitar pukul 09.30. Pada saat ini, hormon kortisol naik hingga 50 persen.

Kemudian hormon kortisol akan meningkat lagi saat pukul 12.00 dan menurun saat pukul 13.00. Pada saat ini, tingkat hormon kortisol terus menurun dibanding saat pagi hari.

Hormon kortisol akan meningkat lagi saat pukul 18.00 dan menurun saat pukul 19.00. Penurunan tingkat hormon kortisol pada waktu ini mengikuti pola tidur saat malah hari.

Maka dapat disimpulkan bahwa waktu ideal untuk minum kopi adalah pada saat pukul 09.30 hingga 11.30, 13.30 hingga 17.30, atau setelah pukul 19.00.(dtc)

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kebanyakan Orang Perkotaan Memiliki Perut yang Buncit, Ini Penyebabnya?

    BENGKALISONE - Semua orang ingin penampilan tubuhnya bagus dan proporsional, tidak terlalu gemuk maupun kurus. Tapi, keinginan itu tidak diimbangi dengan per

  • Speedboat Pengangkut Anggota TNI Dikabarkan Hilang Kontak di Sumut

    BENGKALISONE - Speedboat pengangkut anggota TNI, dikabarkan hilang kontak di Perairan Teluk dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Namun, seluruh pen

  • Esok, Tahun Ajaran Baru, KPAI: Jangan Ada Plonco dan Buli

    BENGKALISONE - Pada Senin, 16 Juli 2018 esok, merupakan hari pertama dimulainya tahun ajaran baru. KPAI mendukung imbauan agar para orangtua siswa mengantar

  • Ternyata, Inilah Alasan Mengapa Sisik Trenggiling Jadi Incaran Banyak Orang

    BENGKALISONE - Pernah melihat hewan trenggiling secara langsung? Kalau iya, kamu pasti tahu hewan dengan nama ilmiah Paramanis javanica ini biasanya melindun

  • KOMENTAR