Penelitian Ini Kunci Rahasia Hidup Bahagia di Dunia

Sabtu, 17 Juni 2017 21:06
BAGIKAN:

JAKARTA - Hidup bahagia di dunia tidak berarti harus hura-hura, atau harus punya harta berlimpah. Penelitian membuktikan bahwa kunci untuk terbebas dari penderitaan hidup terletak di tempat tidur.

Penelitian yang dipresentasikan dalam 31st Annual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies ini membuktikan bahwa hidup bahagia bisa diwujudkan hanya dengan pola tidur yang teratur setiap hari.

"Jadwal tidur-bangun yang tidak teratur sangat umum dalam masyarakat modern kita," kata Akane Sano, PhD dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Medscape.

Dr Sano mengatakan, pola tidur yang tidak teratur dalam jangka panjang menurunkan level kebahagiaan seseorang. Kesehatan secara umum juga tentunya terpengaruh oleh pola tidur yang berantakan semacam itu.

Kesimpulan itu didapatkannya setelah mengamati 204 mahasiswa berusia 18-24 tahun selama 30 hari. Pola tidur para partisipan, termasuk waktu dan durasi, diamati dan dicatat lalu dianalisis. Dr Sano menggunakan actigrahpy untuk membantu pencatatan.

Hasilnya, partisipan yang selalu tidur pada jam yang sama setiap harinya, cenderung melaporkan perasaan lebih bahagia saat bangun di pagi hari dibandingkan partisipan yang pola tidurnya berantakan. Jadi kalau merasa kurang bahagia, tidak ada salahnya mengevaluasi pola tidur sekarang juga.(dtc)
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Kejati Riau Ajak Bhabinkamtibmas Kawal Dana Desa

    PEKANBARU -Kepala Kejaksaan Tinggi Riau, Uung Abdul Syukur, mengajak seluruh Bhabinkamtibmas ‎Polda Riau untuk sama-sama mengawal dana desa sesuai amanat peraturan pemerintah
  • Bayar Hutang Proyek, Pemprov Riau Alokasikan Rp 50 Juta di APBD-P

    PEKANBARU -Pemerintah Provinsi Riau terus menginventarisir persoalan-persoalan yang sebelum sempat menjadi sorotan. Begitu juga dengan rencana melunaskan hutang pada pengerjaan beb
  • DPP Putuskan Musda Ulang Pengurus Golkar Rohul

    ROHUL - DPP Partai Golkar akhirnya mengambil kebijakan resmi terkait dualisme kepengurusan DPD II Golkar Kabupaten Rokan Hulu yakni, kubu Nono Patria Pratama SE dan kubu Sari Anton
  • Si Mojo, Si Bolu Kemojo, Maskot Pilgubri 2018

    PEKANBARU - Peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur (PIlgub) dan Wakil Gubernur Riau 2018 disertai dengan perkenalan maskot Pilgub Riau bernama Si Mojo, Sabtu malam, 30 September 201
  • KOMENTAR