Penelitian Ini Kunci Rahasia Hidup Bahagia di Dunia

Sabtu, 17 Juni 2017 21:06
BAGIKAN:

JAKARTA - Hidup bahagia di dunia tidak berarti harus hura-hura, atau harus punya harta berlimpah. Penelitian membuktikan bahwa kunci untuk terbebas dari penderitaan hidup terletak di tempat tidur.

Penelitian yang dipresentasikan dalam 31st Annual Meeting of the Associated Professional Sleep Societies ini membuktikan bahwa hidup bahagia bisa diwujudkan hanya dengan pola tidur yang teratur setiap hari.

"Jadwal tidur-bangun yang tidak teratur sangat umum dalam masyarakat modern kita," kata Akane Sano, PhD dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari Medscape.

Dr Sano mengatakan, pola tidur yang tidak teratur dalam jangka panjang menurunkan level kebahagiaan seseorang. Kesehatan secara umum juga tentunya terpengaruh oleh pola tidur yang berantakan semacam itu.

Kesimpulan itu didapatkannya setelah mengamati 204 mahasiswa berusia 18-24 tahun selama 30 hari. Pola tidur para partisipan, termasuk waktu dan durasi, diamati dan dicatat lalu dianalisis. Dr Sano menggunakan actigrahpy untuk membantu pencatatan.

Hasilnya, partisipan yang selalu tidur pada jam yang sama setiap harinya, cenderung melaporkan perasaan lebih bahagia saat bangun di pagi hari dibandingkan partisipan yang pola tidurnya berantakan. Jadi kalau merasa kurang bahagia, tidak ada salahnya mengevaluasi pola tidur sekarang juga.(dtc)
 

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Resmi! Golkar Cabut Dukungannya ke Ridwan Kamil Sebagai Cagub Jabar

    JAKARTA - Partai Golkar resmi mencabut dukungannya terhadap bakal calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Pilkada Jawa Barat 2018 mendatang. Surat pernyata

  • Andi Rachman-Suyatno Resmi Diusung PDIP Maju di Pilgubri. Ini Kata Pengamat....

    PEKANBARU - Petahana, Arsyadjuliandi Rachman bersama Bupati Rokan Hilir yang juga Wakil Ketua DPD PDIP Riau, Suyatno, resmi diusung PDIP. Pengumuman jagoan P

  • Terkait Tunggakan PLN, Pemkab Rohil Bakal Bayar di Anggaran 2018

    ROHIL - Tunggakan biaya penyediaan jasa listrik Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir kepada pihak PT. PLN Persero Cabang Bagan Siapiapi sebesar Rp. 12.6 Milyar a

  • Markas Veteran Riau Dibobol Maling

    PEKANBARU - Markas Daerah Lediun Veteran Republik Indonesia cabang Provinsi Riau, telah dibobol maling pada Sabtu (16/12/2017). Akibatnya, pengurus mengalami

  • KOMENTAR