Perlu Diwaspadai, Katarak Juga Bisa Menyerang Anak-anak

Jumat, 22 Desember 2017 04:32
BAGIKAN:
ilustrasi operasi katarak by istimewa

JAKARTA - Seiring bertambahnya usia, seseorang semakin berisiko terserang katarak. Menurut para ahli, penyakit ini seperti uban.

"Katarak sepasti uban. Semua orang pasti terkena, cepat atau lambat. Penyebab utama salah satunya usia," ujar spesialis mata dari JEC @Cinere, Dr Zeiras Eka Djamal, SpM di Depok, Kamis, 21 Desember 2017.

Katarak terjadi bila lensa mata berubah menjadi keruh. Sejumlah gejala yang bisa menjadi pertanda katarak, yakni kemampuan penglihatan menurun, lebih merasa silau terhadap cahaya, dan ukuran kacamata yang kerap berubah.

"Selain usia dan penyakit diabetes, obat-obatan steroid juga bisa menjadi penyebabnya," kata Zeiras.

Walau banyak diderita orang berusia lanjut, tak berarti anak-anak terbebas dari gangguan mata ini. Infeksi selama kehamilan bisa menjadi penyebabnya.

"Pada anak biasanya penyebabnya infeksi virus Rubella. Pada anak-anak perkembangan saraf membutuhkan stimulasi. Kalau ada katarak, saraf tidak akan berkembang," ujar Zeiras.

Sejumlah upaya seperti pemeriksaan mata berkala, mengkonsumsi makanan sehat dan seimbang, dan berolahraga rutin menjadi anjuran ahli kesehatan demi bisa membantu memperlambat munculnya katarak.

Namun, bila sudah terlanjur muncul, Zeiras menyarankan penderita menjalani operasi untuk membantu memulihkan penglihatannya.

"Operasi peluangnya 98-99 persen dengan teknologi sekarang. Kalau derajat kataraknya berat dokter menyarankan pasien menjalani operasi," kata Zeiras.



Sumber: Tempo

BAGIKAN:

BACA JUGA

  • Luar Biasa, Gadis 14 Tahun Hidupi Kedua Adiknya Masih Balita Seorang Diri

    PEKANBARU - Andini, gadis kecil 14 tahun itu duduk di depan pintu rumah papan sederhana. Tubuh mungilnya menopang bayi berusia 4 bulan bernama Siaratul Janna

  • Tahun Ini, KPK Siapkan 100 Borgol Untuk Tahanan

    JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 10 juta pada tahun 2019 ini, untuk belanja 100 borgol.

    Pem

  • 3 Tiang Listrik di Pakning Tumbang, Ini Kata Menejer PLN Rayon Bengkalis

    BENGKALIS - Angin kencang mengakibatkan tiga tiang listrik milik PLN di jalan lintas Pakning-Siak, roboh dan condong ke arah jalan. Peristiwa yang cukup memb

  • Waspada, Riau Masuki Musim Kemarau

    PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan sebagian wilayah Provinsi Riau sedang menghadapi musim Pancaroba

  • KOMENTAR