• Home
  • Berita
  • Dilepas Menuju Bokor, Sejumlah Harapan Mengalir Buat Tim Ekspedisi Nusantara Jaya UR 2017

Dilepas Menuju Bokor, Sejumlah Harapan Mengalir Buat Tim Ekspedisi Nusantara Jaya UR 2017

Kamis, 14 September 2017 10:57
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Riau (UR) 2017, resmi dilepas menuju Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Mereka menyatakan siap mengabdi di desa yang dijuluki Desa Wisata Budaya itu, dengan membawa sejumlah program kerja dalam upaya meningkatkan wawasan kemaritiman untuk generasi muda serta penguatan konektivitas di pulau terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Pelepasan tim ekspedisi berlangsung di Kantor Gubernur Riau (Gubri), oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau, Ir. H. Herman MSi, dan dilanjutkan pelepasan oleh Rektor Universitas Riau, Prof. Aras Mulyadi, di Ruang Atlantik Gedung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Rabu 13 September 2017.

Di Kantor Gubri, acara pelepasan tim ekspedisi ini dihadiri langsung oleh Asisten Deputi dan Kepala Bidang Jejaring Inovasi Pelayaran Maritim Indonesia dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia, Dr. Ir. Tubagus R Rujihat MT. ME. MM. Berlangung sekira pukul 09.00 s/d 11.00 Wib.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan berpesan agar program yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Universitas Riau tersebut sinergi dengan kegiatan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, terutama dalam program pendidikan, kesehatan dan pariwisata.

Sementara Asisten Divisi Bidang Jejaring Inovasi Maritim Kementerian Koordinator Maritime, juga berpesan agar kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam upaya bersama membangun negeri bagi masyarakat pesisir dengan upaya dokumentasi, publikasi, dan promosi daerah untuk mewujudkan Desa Bokor sebagai potensi pariwisata unggulan Provinsi Riau dimasa yang akan datang.

Selanjutnya, pelepasan tim ekspedisi oleh Rektor Universitas Riau di Gedung Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau, dilaksanakan sekira pukul 14.00 s/d 16.30 Wib. Waktu itu, Aras Mulyadi menyampaikan pesan agar kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pengalaman mahasiswa serta menjadi pemantik semangat untuk mewujudkan Indonesia Poros Maritim Dunia.

"Saya harap mahasiswa yang menjadi bagian dari tim ekspedisi dapat berkontribusi nyata, berpartisipasi aktif dan mampu mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dipelajari selama ini," ungkapnya.

Untuk diketahui, Ekspedisi Nusantara Jaya merupakan salah satu agenda dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia. Khusus Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Riau 2017, akan melaksanakan kegiatan pengabdian di Desa Bokor, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, terhitung sejak tanggal 14 hingga 23 September 2017 mendatang.

Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Riau ini, seluruhnya berjumlah 25 orang, dengan diketuai oleh M. Anwar Fuad.

Kepada MerantiOne, M. Anwar Fuad menyebutkan, program kerja Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Riau meliputi kegiatan pendidikan, lingkungan, kesehatan, dan promosi daerah yang nantinya akan disinergikan dengan program pemerintah setempat.

Sejauh ini, kata M. Anwar Fuad, Tim Ekspedisi Nusantara Jaya Universitas Riau 2017 juga telah berkomunikasi dengan alumni Ekspedisi Nusantara Jaya dari Riau tahun 2016, guna mendapatkan gambaran terkait kegiatan pengabdian pada masyarakat di daerah pesisir, mempelajari karakteristik masyarakat di lokasi pelaksanaan kegiatan, serta persiapan yang perlu dilakukan menjelang keberangkatan.

"Beberapa nasehat juga kita dapat dari para alumni (Alumni Ekspedisi Nusantara Jaya Riau tahun 2016, red) berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan. Mereka berpesan agar selalu menjaga sikap dan melakukan pendekatan dengan masyarakat dalam melaksanakan semua program yang telah direncakan agar berjalan lancar dan aman," ujar M. Anwar Fuad.(nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR