• Home
  • Berita
  • Kapolres Meranti Irup Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

Kapolres Meranti Irup Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila

Jumat, 01 Juni 2018 15:03
BAGIKAN:
MERANTI - Polres Kepulauan  Meranti menggelar Apel Peringatan Hari Lahir Pancasila ke- 73, bertempat di Halaman Mapolres Kepulauan Meranti, Jalan Pembangunan, Selatpanjang, Jumat (1/6/2018) pagi.

Kegiatan diikuti oleh Kapolres Kepulauan Meranti AKBP La Ode Proyek SH, Kepala Bagian Sumber Daya, Kompol Bambang Sugeng, SH, para Kepala Satuan, Kapolsek jajaran, para Perwira dan ratusan personel Polres Kepulauan Meranti.

Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP La Ode Proyek, SH, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup). Dalam amanatnya, Kapolres menegaskan bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Dijelaskannya, Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Dikatakannya, saat itu para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

"Rangkaian proses besar tersebut harus selalu kita ingat, kita dalami semangatnya dan kita pahami rohnya. Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita," tegasnya.

Pada peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, Kapolres Kepulauan Meranti mengajak peserta upacara untuk meneguhkan semangat bersatu, berbagi dan berprestasi.

"Sekali lagi mari kita bangun perdamaian di kehidupan kita dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi global dengan percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif," ajaknya.

Ditekankan pula, perlunya memperkokoh kekuatan kolektif bangsa dan tidak boleh menghambur-hamburkan energi dalam perselisihan dan perpecahan. "Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh," ingatnya.

Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini, jelas Kapolres Kepulauan Meranti, harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

"Marilah kita terus amalkan warisan mulia pada founding fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia," pungkasnya. (rls/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR