• Home
  • Berita
  • PT. Timah Tbk Akan Beroperasi di Kepulauan Meranti, Ini Harapan Bupati 

PT. Timah Tbk Akan Beroperasi di Kepulauan Meranti, Ini Harapan Bupati 

Kamis, 25 Januari 2018 11:50
BAGIKAN:
SELATPANJANG - PT. Timah Tbk segera beroperasi di Kabupaten Kepulauan Meranti tepatnya di Desa Topang Kecamatan Rangsang. Saat ini, perusahaan yang bergerak dibidang penambangan dan smelter timah itu sedang menunggu izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KemenLHK).

Keberadaan PT Timah Tbk nantinya, diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Kepulauan Meranti.

Demikian diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, saat membuka Sosialisasi Program Kemitraan PT. Timah Tbk Untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Kabupaten Kepulauan Meranti, pada Rabu 24 Januari 2018.

Bupati Irwan meminta PT. Timah Tbk memprioritaskan bantuan program kemintraan ke nelayan. Sebab, para nelayanlah yang mengalami langsung dampak dari beroperasinya PT. Timah tersebut.

Akibat penambangan timah, sebut Bupati Irwan, air akan menjadi keruh, dan pasti berdampak menurunnya hasil tangkap nelayan di Topang, Tanjunggemuk dan sekitarnya. Untuk itu, warga masyarakat yang terkena dampak langsung dari operasi PT. Timah Tbk, yang dalam hal ini nelayan, harus diprioritaskan.

"Nelayan-lah yang sangat merasakan dampak langsung dari operasi PT. Timah Tbk nantinya. Jadi, tolong prioritaskan mereka," ujarnya.

Melalui Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan PT. Timah unit Kundur, Eko Yorifaruza, Bupati Irwan berharap agar bisa menyampaikan kepada Dirut PT. Timah Tbk supaya melibatkan masyarakat Kepulauan Meranti terutama masyarakat Pulau Padang dan Tebingtinggi Timur untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Selain itu, Bupati Irwan juga berharap program PKBL PT Timah Tbk tepat sasaran dan bisa sinkron dengan program pemerintah. PT. Timah Tbk diminta memetakan betul-betul sesuai zonasi ketika menyalurkan PKBL.

Dihadapan perwakilan PT. Timah Tbk, Bupati Irwan juga sempat menceritakan tujuan ia memberi izin ke PT. Wahana Perkit Jaya (WPJ) di Desa Topang itu. Mereka mendapat izin dengan harapan bisa menyerap banyak tenaga kerja dan masyarakat merasakan dampak peningkatan ekonomi.

Sebelumnya, disampaikan Eko Yori Faruza selaku Kabid ADM dan Keuangan PT Timah Tbk wilayah Kepulauan Riau dan Riau, bahwa mereka bergerak dibidang penambangan timah. Wilayah operasi PT. Timah berada di Bangka Belitung, Kepri, dan Riau.

Dikatakan Eko, PT. Timah Tbk akan beroperasi di Desa Topang Kecamatan Rangsang. Saat ini, mereka sedang menunggu izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

PT. Timah Tbk, tambah Eko, tak hanya menambang, tetapi mereka juga mempunyai tanggungjawab sosial yaitu penyaluran dana kemitraan, CSR, dan reklamasi.

Hal tersebut disampaikan Eko dihadapan lebih 145 pelaku UKM di Kepulauan Meranti saat mengikuti sosialisasi program kemitraan PT Timah Tbk.(rls/nur)
BAGIKAN:
KOMENTAR