• Home
  • Berita
  • PWI Kepulauan Meranti Taja Seminar Jurnalistik

PWI Kepulauan Meranti Taja Seminar Jurnalistik

Kamis, 05 September 2019 17:06
BAGIKAN:
SELATPANJANG - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti menggelar Seminar Jurnalistik tentang "Peran Wartawan Dalam Mendorong Pembangunan Negeri" Sempena peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2019, bertempat di Hotel Grand Meranti, Jalan Kartini, Selatpanjang, Rabu (4/9/2019).

Kegiatan dibuka oleh Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPdi, hadir juga Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, didampingi Sekretaris Amril Jambak dan Bendahara Oberlin Marbun dan Narasumber KIP Zufra Irwan.

Kemudian hadir juga Kadis Arsip dan Perpustakan Kepulauan Meranti H Ismail Arsyad, Kadishub Dr Aready, Kepala BPBD M Edy Afrizal, Kabag HumasPro Hery Saputra SH, Ketua PHRI Uyung Sales, perwakilan dari Polri dan TNI, Ketua PWRI-B Nurul Fadli, serta sejumlah tamu undangan lainnya.

Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti H Rosdaner SPd, dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan PWI Kepulauan Meranti dan berharap sinergi antara wartawan dengan pemerintah maupun masyarakat tetap terjalin dengan baik.

"Kami menyambut baik dan sangat berterimakasih, karena selama ini hubungan kita juga sudah terjalin dengan baik," ujarnya.

Rosdaner berharap dengan kegiatan yang dilaksanakan tersebut para kuli tinta khususnya di Kabupaten termuda di Provinsi Riau itu bisa memproduksi informasi yang bermanfaat.

"Dengan kegiatan ini mari kita yang hadir disini terutama bagi Jurnalis bagaimna menulis dan membuat berita yang baik," harapnya.

Dengan seminar itu pula, Rosdaner berharap kedepan wartawan dengan pemerintah bisa saling bersinergi dalam pembangunan di Kabupaten bungsu di Riau itu.

"Selama ini media sangat membantu dalam pembangunan. Untuk itu mari saling bersinergi sehingga hubungan antara wartawan dan pemerintah maupun masyarakat tetap terjalin dengan baik," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang, meminta kepada wartawan yang menjalani tugas jurnalistik hendaklah melengkapi identitas diri agar tidak dianggap sebagai wartawan gadungan atau kaleng-kaleng.

Kemudian, kata Zulmansyah sejalan dengan perkembangan teknologi, sangat banyak munculnya media-media baru. Terutama media elektronik atau media online. Hal ini juga menyebabkan banyaknya muncul wartawan-wartawan yang baru.

"Untuk itu kami harap kepada wartawan yang baru, lengkapilah identitas saat turun ke lapangan agar tidak dianggap sebagai wartawan kaleng-kaleng," ingatnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kepulauan Meranti Ahmad Yuliar, didampingi ketua Panitia pelaksana Atansyam, mengungkapkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan selama tiga tahun berturut-turut itu mendapat respon dan dukungan positif dari sejumlah pihak.

"Alhamdulillah setiap kegiatan yang kita laksanakan selalu mendapat respon dan dukungan terutama pemerintah daerah. Seperti kegiatan Goes Too School yang biasanya kita laksanakan setiap tahun," ujarnya pria yang akrab disapa Amek.

Amek juga menuturkan, dengan dilaksanakan kegiatan Seminar Jurnalistik tentu akan menambah wawasan para Jurnalis di Kepulauan Meranti dalam menjalankan tugasnya.

"Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua terutama para wartawan semoga bisa menjalankan tugasnya dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing," harapnya.

Dijelaskan Amek, selain kegiatan LKTJ PWI Kepulauan Meranti juga melaksanakan program PWI Goes Too School dalam rangka mengedukasi para siswa dalam menambahkan pengetahuan terhadap dunia jurnalistik.

"Tujuan kita mengedukasi para siswa agar mereka bisa lebih memahami tentang jurnalistik," pungkasnya.

Seminar yang diisi dengan tanya jawab itu diikuti antusias oleh para peserta, terutama para siswa dan mahasiswa.

Dalam kegiatan Seminar Jurnalistik juga diumumkan pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ).

Adapun pemenang LKTJ yakni Terbaik 1 diraih oleh Ali Imran dari media Koran Cetak Metro Riau dengan judul tulisan "Konsen Bangun Infrakstruktur, Ekonomi Masyarakat Pun Kian Menggeliat".

Untuk terbaik II diraih oleh Safrizal dari Media online Fokusriau.com dengan judul tulisan "Ketika Berembnag Menjawab Bimbang".

Kemudian, juara terbaik III diraih oleh Gunawan dari media online GoRiau.com dengan judul "Menanti Wujud Jembatan Selat Rengit". (rls)
BAGIKAN:
KOMENTAR